M e A s G e o l o g i s t

Lulus dari jurusan geologi menghantarkan gw menjadi seorang geologist saat ini. Awalnya masuk Teknik Geologi merupakan pilihan bapak, dulu gw bercita-cita sebagai dokter gigi. Hahaha..jauh banget kan jatuhnya jadi geologist.

Sudah beberapa tahun lulus dari universitas, akhirnya gw memutuskan untuk membangun karier sebagai geologist mineral dan bukan geologist minyak ataupun lainnya.

Kenapa gw memilih sebagai geologist mineral? Ini dikarenakan jarang sekali orang yang berkecimpung di dunia mineral ini, apalagi cewe kayak gw. Tapi yah kali gw sih ga suka jadi sama dengan yang lainnya yang hampir 80% memilih menjadi geologist minyak.

Sampai saat ini mungkin sudah beberapa perusahaan dan daerah yang gw jadikan tempat bekerja. Dan begitu banyak pengalaman gw menjadi seorang geologist.

Jadi seorang geologist mineral tidaklah mudah, apalagi untuk gw yang notabene adalah cewe. Kegiatan lapangan yang mengharuskan gw berada disana, sampai kadang2 adalah cewe sendiri di suatu project. Tapi itu menjadi pengalaman menyenangkan yang tidak akan pernah terlupakan. Pengalaman hebat yang gw yakin ga semua orang alami dan berani untuk menjalaninya.

Menjadi seorang female exploration geologist mengajarkan gw banyak hal. Mulai dari cara bersosialisasi dengan semua kalangan sampai dengan gaya hidup sangat sederhana hingga cukup mewah. Dengan menjadi geologist eksplorasi banyak tahapan yang harus dijalani. Termasuk menjadi wanita independent.

Mengawali karier di sebuah perusahaan asing di Sulawesi Utara, diawal kerja langsung terkena malaria. Tidur hanya dengan camp dari bilik yang setiap malam tidur ditemani oleh berbagai macam serangga. Setelah itu pindah ke Jakarta dan bekerja di sebuah konsultan pertambangan, hanya bertahan 8 bulan karena tidak suka kehidupan kota jakarta, lalu bergabung dengan perusahaan asing yang melakukan eksplorasi copper dan gold di Banyuwangi, karena berbagai macam alasan akhirnya memutuskan pindah ke perusahaan mining lokal di Palu saat ini..kira2 kemana lagi gw akan pindah lagi?

Halaman ini nanti akan gw lengkapi lebih detail dengan cerita dan fotonya. Ini masih draft yang sebaiknya diterbitkan dulu.


…proud to be a geologist, especially as female exploration geologist for mineral

22 thoughts on “M e A s G e o l o g i s t

      1. Hahaha..saya di gold exploration mas kalo sekarang..duh kalo ngomongin geophysic dan geology enaknya langsung mas..kalo suruh nulis ttg geology mending nulis paper daripada di blog..ga deng mas..kalo blog cm sekedar nulis iseng..di luar kerjaan sesungguhnya..paling pengalaman biasa aja..

  1. wah kirain uda tidur…ckck

    Wah Mantap skali,, punya budget banyak nih….
    klo emas itu tersingkap pada batuan beku di Vein Kuarsa yah (klo gak salah ingat dari penjelasan teman yg geos kemarin)..heheh
    di tempat mbak, itu klo nge-eksplorasi biasa pake metode geofisika juga yah??? (maaf banyak tanya)

    kepribadian mbak suka merendah, gitulah mungkin klo ilmunya uda tinggi…
    “penglaman itu memberikan manfaat untuk orang2 banyak dan membuat kita semakin kaya”

    salam,

    1. Bukan ga mau cerita ttg geology dan geophysicny mas.cuma bisa berhalaman2 ga beres2. Haha..ga sanggup nulisnya mas.

      Kalo deposit emas itu tergantung kondisi geologynya kyk apa mas, salah satunya berhubungan vein quartz untuk low sulphidation system, akan beda kl udh ngomongin high sulphidation, porphyry deposit atau sistem deposit lainnya mas.

      Metode geophysicnya, salah satu yang di pakai ada airborne magnetic, ip, dipole dipole, dll. Kalo hasil geophysicnya pun terkadang ga mutlak sama di setiap area.

      Kakak saya geofisis juga, Tapi bukan eksplorasi. Lebih ke gunung api..:D

      1. hohohohoow…. iyya,,iyya, ngerti kok mbak..
        hohohw, kyaknya banyak pahan juga yah ttg geofisikanya…mantap,,,
        cm beberapa istilah geologinya, aku gak ngerti gitu (mesti banyak balajar lagi saya)..

        oh, kknya geofis yah, mantap…bidang saya juga sebenarnya di Vulkanologi…hehehe, tapi tertarik ke eksplorasi,,

        Btw, TAnya ttg Geothermal yah mbaK???

        salam,

      2. hehehe..merasa belum punya kapasitas yang cukup saja mas..:)

        kalo ada yang mau dishare atau didiskusikan mengenai geologi..saya akan membantu dengan senang hati mas..

        cuma paham sedikit mas..supaya bisa kira2 melihat juga dari sisi geofisikanya ketika mau menentukan titik bor atau analisa lainnya..:)

        kakak saya lebih ke vulkanologi dan tsunami..:)

  2. .sesama geologist salam kenal dulu lah mbak ::saya ejja
    .pertamanya tadi keliling”” google mengenai sistem rooster, di pencarian pertama ketemu MyFieldBook, dibuka..ehh ada cerita geologist.cewek lagi..haha
    .dibaca-baca gini gak taunya penjurusannya ke mineral..sama lagi..hahaha
    .baca komen-komennya ada tanya jawab mengenai high-low sulphidation system..wuiihh..jadi keinget bahan seminar kemren..hehehe

    .btw inspiratif nih cerita””nya..
    .enak kan jadi geologist??iya enak dong..keliling indonesia gratis..yaa waloupun ke hutan..hehe
    .kalo gw lagi project nyebutnya “geologist on vacation/ethnic runaway”..haha

    ditunggu lah kalo ada cerita dari belahan indonesia lainnya..cheers😀

  3. wah, mbak saya masih SMA, tapi juga bercita-cita jadi geologist kaya mbak🙂🙂
    semoga sukses ya mbak🙂

  4. kak, saya pengen jadi geologist. tapi saya bingung, kehidupan geologist bagi cewek itu gimana ya? kalo sudah punya anak dan suami gimana? kan jarang pulang gitu

    1. waduh..kamu udah nikah??selama masih single jangan pikirin dulu..ga jarang pulang kok..sebulan sekali pasti pulang dan dapet libur 2 minggu..kalo ga bisa, cari kerjaa di jakarta..kalo ga sanggup juga, kalo nikah berenti kerja atau banting stir jadi yang lain..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s