Cerita Sepeda

IMG_3211
Salah satu pojok kota Copenhagen

Inget waktu transit di Copenhagen sebelum saya terbang ke Iceland. Cuma sehari semalem, tapi saya jatuh cinta dengan suasana kotanya. Bukan karena bangunan tua indahnya saja, tapi saya terhipnotis dengan banyaknya sepeda dan melihat dengan super nyaman warganya bersepeda kemana saja. Sebenarnya saya sudah lihat sejak di Amsterdam budaya bersepeda ini, tapi entah mengapa apa yang saya lihat di Copenhagen berbeda.

Sudah minggu ke 4 saya berada di Canberra untuk ikut Summer School di Australian National University. Saya terbang ke sini, 2 minggu setelah perjalanan saya keliling Eropa tepatnya. Saya dan rekan kerja saya menyewa sebuah apartemen di daerah Lyneham, sekitar 5km dari uni. Jauh?ga juga. Kami menyewa sebuah apartement lewat airbnb.com yang cukup bagus dan lengkap fasilitasnya. Yang saya suka adalah mereka menyediakan 2 buah sepeda. Horeeee!!!

IMG_3393
Sepeda yang disediain di apartement

Ternyata budaya disini orang-orangnya suka bersepeda kmana saja. Mau pake kostum apa aja ke tempat tujuan kamu, kamu ga akan malu buat bersepeda di sini. Sering banget liat setelan ga matching ke kantor, dengan kemeja berdasi tapi celananya, celana pendek. Tapi itu biasa banget di sini! :D. Kadang kalo ketemu saling senyum, ih ramah-ramah banget kan?? Apalagi kalo ganteng yang senyum #eaaa *keplaksendal*

Bahkan bike path dari apartement ke uni cukup dekat dan bagus, melewati hutan kota eh taman kota yang hijau. 5 km ditempuh dalam 15-20 menit bersepeda santai. Ah seperti mimpi yang terwujud saat saya ngayal di Copenhagen rasanya. Bahkan jam berapapun bersepeda di sini, aman! Pernah pulang jam 12 malem (bahkan pernah lebih malem eh menjelang subuh) dari acara bbq di rumah seorang temen, ga ada takut sama sekali, walau setengah sadar ga sadar pas pulang. 😀 Karena rutenya jelas, saya pun ga nyasar.

Yang saya suka adalah rute bersepeda mengelilingi Lake Burley Griffin, sebuah danau buatan ditengah kota yang sangat indah. Kalo weekend saya bersepeda di sini, selain bersepeda biasanya ada juga yang lari, sekedar jalan sehat, yoga dipinggir danau, kayaking, mancing, bahkan berenang dan banyak kegiatan yang menyenangkan lainnya. Rutenya sekitar 28-30km untuk satu loop penuh. Nah ini pun sama, pemandangannya indah. Kalo beruntung bisa nemu kangguru. Ini jadi hobi banget selama di sini tiap minggunya datangin tempat ini. Dan tiap sore 10 km keliling sekitar apartement. 😀

Bersepeda di sini tentunya harus mengikuti peraturan dan rambu yang ada. Harus pake helm dan lampu kalo malam hari. Jangan lupa lambaikan tangan kalo mau belok, kasih tanda kanan kalo mau ke kanan dan sebaliknya. Tetap ada di bike path kalo di jalan utama juga atau keep left jika tidak ada garis bike path. Di sini, dimanapun ada parkiran sepeda. Kalo ga ada anda boleh parkir ditiang yang aman, tapi jangan lama-lama ditinggalin. Karena sepeda yang ditinggal lama, akan diamanin oleh bapak pamong praja di sini (menurut yang saya baca di buku panduan apartement). Jangan lupa digembok juga, agar tetep aman!

Ah coba yang banyak di Bandung bukan motor, tapi sepeda. Dengan bike path yang bagus juga. Pasti menyenangkan!Ngayal juga di site disediain bike path dari Camp Pelangi ke Permata. Saya ga akan ngomel karena nungguin shuttle bus yang kadang lama datangnya. 😀 Saya beli sepeda sendiri juga, ga akan minta perusahaan. 😛

Kamu suka bersepeda?

 

 

 

 

K u t u L o n c a t

20120720-190338.jpg

Gara-gara foto di sebelah yang dipasang sebagai foto profil bbm, akhirnya banyak komen tentang foto sampai sebuah pertanyaan dari seorang teman kuliah tentang hobi gw yang katanya suka pindah-pindah tempat kerja.

Mungkin karena dalam 4,5 tahun kerja ada 4 perusahaan yang sudah gw jadikan tempat mencari nafkah.

 

Dia nanya apa motivasi gw..apa yang gw kejar..

Uang,pengalaman atau skill?

Uang bukan yang gw kejar sebenernya..dengan bukti pindah ke sini dan gaji turun sampe 50 persen lebih.

Gw lebih memilih pengalaman dan nambah skill. Pengalaman dan skill yang didapet kadang ga sebanding dengan uang.

Buat gw ketika orang sudah tau kualitas kita seperti apa, malah mungkin itu akan jadi nilai plus kita. Dan uang pun akan mengalir deras.

 

20120720-212908.jpg

 

Menjawab pertanyaan di atas, pertama gw hanya jawab..enak kok..banyak hal yang didapatkan. Dan gw ga asal2 pindah pasti ada misi dan visi dari diri gw sendiri. Dan ga asal sebar cv ke seratus perusahaan random, ga sama sekali. Bahkan sejak awal kerja cv yang kirim masih kurang dari 30. Kali ga niat ga masukin pasti.

Terus si kawan ini nanya..knpa milih lapangan secara dulu di kampus gw sedikit feminim dibanding cewe geologi lainnya. Haha..

20120720-213451.jpg

Buat gw dunia eksplorasi itu menyenangkan, bisa kenal banyak orang dari banyak latar belakang dan sifat. Selain itu juga karena jarang banget cewe di dunia ini. Dan seperti biasa prinsip gw, lebih baik jadi diamond di antara emas dibanding jadi diamond diantara diamond..:)

Ga salah ko jadi kutu loncat asal tetap dalam etika kerja yang benar waktu ijin keluar.

Tapi sebelum chat selesai ada hal yang bikin gw kaget bacanya.

20120720-215547.jpg

Buat gw serius itu bukan jalan buat fokus..tapi target yang kita tentuin..mau caranya apa aja sih bisa, asal kita konsisten sama target yang ingin dicapai. Dan gw tipikal kayak gitu, santai banget tanpa harus dibawa serius banget. Yang penting target gw kecapai dengan baik.

Loncat setinggi mungkin, tapi jangan lupa untuk mendarat dengan baik. 🙂

T a m b a n g S a h a b a t K i t a (by MGEI-IAGI)

“All geologic history is full of the beginning and the ends of species–of their first and last days; but it exhibits no genealogies of development.” ~ Hugh Miller.

Senang rasanya akhirnya video mengenai Dunia Tambang di Indonesia sudah jadi juga…

Hanya ingin mengenalkan dunia tambang di Indonesia, serta meluruskan bahwa tambang itu tidak selalu identik dengan perusakan lingkungan saja. Banyak sekali hal positif yang dihasilkan dari dunia pertambangan di Indonesia. Melalui video MGEI-IAGI_2012 #1 Tambang Sahabat Kita yang merupakan sebuah hasil karya MGEI yang merupakan sebuah organisasi keprofesian dari geologist yang bekerja di mineral dan batubara, melalui video ini ditunjukkan bahwa seharusnya tambang bisa menjadi sahabat rakyat Indonesia dan setiap dukungan positif terhadap pertambangan di Indonesia dapat membuat bangsa ini terus maju dalam segala hal, mengingat negara ini sangat kaya akan mineral dan batubara.

Apa itu MGEI? kunjungi saja website http://www.mgei-iagi.org/

Dan untuk geologist mineral dan batubara yang ingin selalu mengupdate setiap issue dan keilmuan tentang mineral dan batubara yang terjadi di Indonesia bisa bergabung di milist economicgeology@yahoogroups.com.

Saat ini juga MGEI sudah memiliki kantor representatif sendiri di  :

Rasuna Office Park – JR.03
Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, 12960
Telp/Fax +62 21 83786386

Gw sudah gabung sama organisasi ini sejak awal terbentuknya. Dan bangga bisa jadi salah satu geologist yang tergabung dengan organisasi ini (dan bisa jadi salah satu pengurus termudanya).

Maju terus dunia pertambangan Indonesia!

P u l a u M e r a H

udah lama banget ga nulis dan tiba2 pengen buka blog yang tak seberapa ini,cuma sekedar buat corat coret sedikit membunuh waktu di kamar ini..hehehehe..*lebay.com*

Cuma ingin cerita tentang tempat kerja gw yang baru gw tinggalkan sebelum pindah kerja ke Palu.

terletak di hampir ujung Pulau Jawa bagian timur,tepatnya di bagian selatan Jawa Timur. Kalo ga kerja di sini, mungkin gw ga akan tau ada pantai dan pulau yang cukup indah dengan pasir putihnya yang menghampar.

Pulau merah atau Red Island ini terletak 60 km dari Kota Banyuwangi. Untuk sampai ke sini kurang lebih 2,5 jam dari Kota Banyuwangi. Pemandangannya cukup menggugah mata. Hamparan pasir putih dengan bebatuan kokoh yang berwarna-warni,serta birunya laut dengan ombak besar yang menari-nari begitu indahnya,walau harus diakui udaranya cukup panas,tapi angin dari pepohonan kelapa sekitarnya sudah cukup menyegarkan.

Setiap sore tak kalah cantik dengan sunset yang nampak di Kuta, sunset di sini juga sangat memanjakan mata. Tempat ini salah satu tujuan wisata surfing oleh para wisatawan asing,tak ayal di bulan2 tertentu banyak bule datang dengan papan mereka. Tidak ada hotel di pinggir pantai, biasanya mereka lebih senang untuk tinggal di rumah penduduk sekitar.

Kalo cari daerah wisata yang ga biasa, coba aja datang ke sini.

20120618-085953.jpg

W o r K

kerja,,

yang pasti sesuatu yang sangat melelahkan jika kamu tidak menikmati apa yang kamu lakukan,,

setelah beberapa kali ngobrol dan mengamati orang2,,banyak hal yang gw dapet dari makna kata “kerja” ini,,

buat gw kerja adalah melakukan kegiatan yang loe suka sambil di bayar,,hahaha,,bodoh sih,,tapi emang gw tergolong santai aja,,mau digaji berapa aja tapi gw suka kerjanya,,ya gw kerjain,,

ada juga tipikal kutu loncat yang sebulan di perusahaan ini sebulan udah pindah lagi, eh beberapa bulan udah ada di perusahaan ntah mana lagi,,hehehe,,ada bagus ada buruknya sih,,bagusnya gaji loe pasti cepet naek,,buruknya mungkin akan ada sedikit blacklist buat almamater loe (terkadang),,

sekarang gw lagi labil masalah kerjaan,,bener2 labil,,gw merindukan kerja di hutan pake celana pendek sendal jepit dan kaos,,terus setiap sore maen badminton sama kru lapangan,,

dulu waktu di hutan pengen kerja di kota,,pake baju rapi,,high heels dan sedikit berdandan,,huehehehe,,maklum geologist agak centil,,huahahaha,,

kerja adalah suatu pilihan,,jadi pilihlah dengan bijak apa yang ingin kalian lakukan,, 🙂

M y N e w O f f i c e

sebenernya sih udah sebulan lewat menempati kantor ini,,
yang pasti lebih baik karena ada di kota gede aka Jakarta,,kalo bosen ya tinggal jalan2 aja,,
walau letaknya agak pelosok ya gpp lah,,yang jelas gw senang!!!!
kantor ini beda dengan yang kemarin,,kalo yang kemarin perusahaan gede sekarang konsultan mining lokal tapi sangat menyenangkan sekali,,
banyak ilmu baru,,kerjaan yang ga biasa gw kerjain,,bikin banyak mikir pas kerja,,ga cuma magabut,,(iyah sayah adalah workaholic),,:D
tolong doakan sukses dikantor baruu,,:)

G e o l o g i s T

ga ngerti knapa gw terjebak di dunia geologi ini,,
kerjanya ga gw banget sebenernya,,pergi ke lapangan,,panas2an,,naek gunung turun gunung,,liatin batuan,,jalan kaki berkilo2 meter sehari,,
tapi sudah terjebak di sini,,yang mau ga mau harus di jalanin,,
kayaknya cewe diangkatan gw yang masih sibuk kerja di lapangan itu cuma gw deh,,ga tau harus sedih atau seneng,,
harus di jalanin semuanya,,walau bukan bagian dari diri gw yang sesungguhnya,,
hope can face it,,

M y 1st W o r K E x p e r i e n c e

kalo gw pikir2 dimana gw berada sekarang,,kadang aneh,,knapa sekarang gw tiba2 terdampar di sebuah kota kecil di utara Indonesia ini yah,,di pulau yang jelas2 gw dulu cuma liat di peta doang,,hehehe,,

waktu berjalan begitu cepat,,bahkan sangat cepat,,inget banget,,bulan maret taun lalu itu masih seneng2nya main gara2 baru selesai sidang,,dan lulus juga,,

stelah lulus,,mungkin ampir semua temen gw juga langsung dapet kerja dan ada yang langsung ngelanjutin S2,,

taun kemarin,,tanggal 21 april 2008,,pertama kalinya gw menginjakkan kaki gw di Menado,,

waktu pertama kali datang,,gw bener2 ga kepikir bakal ketemu orang kayak apa,,betah ga yah kerja disini,,campur deh rasanya (iyah2,,kayak es campur banget deh!!)

setelah 1 minggu pertama di Kotamobagu,,akhirnya gw ditempatin di Gorontalo (10 jam dari Menado),,3 minggu pertama kerja langsung kena Malaria,,ga tanggung lagi,,kenanya yang falsivarum,,waaaa syerem!!

blom waktu di evakuasi ke jakarta,,pake kursi roda,,didampingi dokter,,blom lagi dianter jemput ke dan dari bandara pake ambulance yang ributnya setengah mati,,,hahaha,,maluuuu banget gw!!!

kerja 6 bulan di Gorontalo,,kadang2 ke lapangan,,tapi banyak di kantor,,karena masih sakit,,setelah itu gw ditarik ke Kotamobagu lagi sampe sekarang,,

Saat gw menyadari,,tiba2 udah setaun aja gitu disini,,

iya sih kadang kesepian,,kadang cape kerja,,kadang gw males bolak balik bandung-jakarta-menado-kotamobagu dan sebaliknya yang kalo langsung bisa ngabisin 11 jam perjalanan,,banyak deh yang ga enaknya,,

tapi satu yang sangat menyenangkan di sini,,

orang2 yang gw temui disini,,hampir semuanya menyenangkan,,gw seperti menemukan keluarga baru,,

yang gw seneng,,gw berada di daerah yang tingkat tenggang rasa dan kerukunan masyarakat beragamanya kuat banget,,ga berasa deh perbedaan itu di sini,,jauh banget kayak di Pulau Jawa sana,,hehe,,

buat gw bener2 pengalaman yang ga akan terlupakan banget,,

bos yang baik,,rekan kerja yang menyenangkan,,driver2 yang mau nganterin gw kmana aja,,kru2 yang bisa diajak ketawa bareng,,maen badminton bareng,,makanan yang ikan teruusssssssss,,,hahahaha,,,

semuanya bener2 bikin gw merasa ga terasa melewati 1 taun di sini,,

kadang terasa sangat berat kalo misalnya gw dikasih pilihan untuk ninggalin tempat ini,,gw terlalu menikmati keadaan ini,,tapi ga mungkin juga kalo gw terus di sini,,tanpa ada pengalaman yang baru,,

1 tahun ini terlewati dengan menyenangkan,,dan Tuhan tau yang terbaik buat kita,,kita ga pernah tau dimana kita bakal kerja,,kita bakal ada dimana besok,,tapi dia selalu punya rancangan yang besar untuk kita,,

bersyukur untuk setiap keadaan yang sudah terlewati,,dan mencoba terus bangkit untuk melanjutkan semuanya,,caiyoo all,,

nih di bawah ini acara pertama gw waktu masuk ke perusahaan ini,,

I n l a n d e r VS K u m p e n i

obrolan yang singkat tapi dalem buat gw sore ini,,

berawal dari percakapan tentang seorang bule yang menjadi salah satu pemimpin lah di perusahaan gw,,teruz,,

Pak Iqar ngomong,,”kamu liat deh betapa bule-bule itu dibuat seperti raja sama bangsa ini,,selalu di service yang terbaik dalam segala hal,,kalo orang Indonesia makan pake piring plastik,bule2 itu dikasih piring beling yang bagus,,masalah makanan juga mereka pasti dapet yang terbaik,,dalam segala hal” (gw masih mikir dengerinnya,,)

Dan tanpa sadar,,gw sangat setuju dengan pernyataan itu,,sangat-sangat setuju,,karena emang kenyataannya kayak gitu banjet kan??(yang setuju ngacung,,ayo jangan malu!!!)

Loe pernah sadar ga sih,,betapa bule itu dihormati oleh Bangsa Indonesia,,dalam segala hal kalo Orang Indonesia ketemu sama bule,,pasti tuh orang manggut-manggut aja,,

percaya sama kata2 tuh bule,,truz nurut aja,,

Jadi inget suatu kejadian waktu ada training di perusahaan gw,,bule terkenal doktor deh dibidang geologi khususnya mineral,,(iyah gw teh geologist-wati,,ga penting yee!!hehehe,,)

semua orang dengerin dia dengan seksama termasuk gw (kalo gw sih emang berusaha ngerti tuh bule ngomong apa,,soalnya bahasa inggris gw byar pet byar pet,,hihihi),,semua nyatet apa yang tuh bule omongin,,iyah2 aja pertanda menyetujui pernyataan tuh bule,, (kepala manggut2 pas dengerin tuh bule),,

ga ada yang berani yang protes deh apapun yang bule omongin,,semua teori dari si bule ditelen mentah2 (kanibal versi intelek,,nelen mentah teori euy!!hehe,,maaf jayus!!)

semuanya ilmu dari si bule masuk nancep diotak,,(dikit sih kalo gw,,secara susah pisan ngikutin tu bule ngomong dengan cepatnya,,)

tapi suatu saat gw ngobrol sama seseorang sesepuh dunia persilatan,,upppzzz bukan persilatan ding tapi dunia geologi juga deh tapi ini mah bukan bule,,yang namanya mirip sama binatang jaman prasejarah dulu,,(iyah pasti ada yang tau deh siapa!!! u know who!!!)

gw bilang,,

“eh tau ga mas,,menurut si “GM” (bule itu yang gw cerita diatas),,sistem ini ciri2nya gini dengan bla bla bla” (omongan gw yang sok intelek abis,,jijay kan bacanya,,SAMA!!!!!),,

truz dibales sama di sesepuh,,dia bilang gini

“coba deh kamu pikirin lan, pasti bener ga sih yang bule itu omongin??karena menurut saya bla bla bla,,,”(pake acara jelasin panjang karena emang tuh orang jago banget dibidang ini!!)

dan gw balez lagi dengan ngomong gini

“tapi yang ngomong itu si “GM” lho,,masa ga percaya sih,,??” (bego juga gw disini!!!ngomong begitu!!!keliatan masih jiwa inlander)

akhirnys si sesepuh balez,,

“Wulan, knapa sih harus percaya banget kalo BULE dengan predikat doktor yang ngomong,,coba kamu bayangin dengan kepintaran yang sama dengan tuh bule, sama2 doktor dari universitas yang bagus, setaraf deh, tapi dia orang Indonesia,masih percaya ga sih kamu dengan yang dia (doktor tapi orang Indonesia) omongin,,??”

begitu gw ngedenger tuh pertanyaan terakhir,,gw langsung mikir,,”iyah juga yah kalo orang Indo yang ngomong walo pinter mampus, ga dengan gampangnya orang bakal percaya,,pasti masih pake cerita ngeyakinin diri trus buktiin iyah ato ga” (yang setuju lagi,,angkat tangannya ga usah terlalu atas deh,,huhuhu)

Di situ,,gw bener2 sadar,,GILA jiwa gw masih inlander banget,,masih otak jajahan banget,,masih lebih percaya sama apa yang diomongin bule2 aja,,gw selalu anggap bule2 itu pinter mampus,,padahal kalo loe sadarin, selama ini kalo ada bule ngomong tuh walo salah kalo bukan sesama bule yang protes,,orang Indonesia mana berani,,

iyah banget ampir dimana2 bule2 itu dapet perlakuan khusus dengan fasilitas terbaik di bangsa gw ini,,pengen banget bisa keluar dari pemikiran itu,,dan EMANG HARUS,,KUDU,,MUSTI,,

satu hal yang gw inget tadi,,Pak Iqar bilang “bule2 itu juga padahal sama kok sama kita, sama2 punya otak,,kita juga bisa lebih baik dari mereka,,dan dapet perlakuan yang sama,,”

bener2 tambah ngebuat gw sadar,,ini tuh waktunya buat kita BANGSA INDONESIA,,walaupun dijajah 3,5 abad,,dibego2in banget jaman dulu,,tapi sekarang kita itu bangsa yang MERDEKA,,jangan mau lagi deh “dijajah” dalam hal2 yang seharusnya kita bisa sama dengan mereka,,

Lebih menghargai segala sesuatu yang loe punya dari bangsa ini,,(wedew,,sok nasionalis banget gw,,najong tingkat tinggi!!!!)

AYO DEH SAINGIN TUH BANGSA2 LUAR,,jangan mau kalah yah!!!!

buang jauh2 deh jiwa2 inlander,,,

hanya tulisan ga penting yang pengen gw bagi aja,,hehehehe,,PISS y,,=p

btw gw lagi knapa yah??kok nulis nya serius pisan,,(sok serius maksudnya!!!)

aduh,,maaf yah,,tulisan yang aneh,,hihihihi,,


M y T i r e d D a y

Hari ini bisa dibilang C A P E atau
pusying,,pusying,,pusying (ala peggy melati sukma,,wew norak banget gw!!)
Ga tau knapa, hari ini kayaknya penuh dengan kebodohan, ditambah lagi waktu jalan cepet pisan kayak bajaj lagi dikejar pesawat terbang (emang ada??ngayal!!!)

Mulai dari model basemetal yang kagak kelar2, akinst dari ga PD nya gw dengan apa yang gw buat, terus neng lingling yang tiba2 ngajak ikutan paper contesnya WGC (waaa,,,menarik tapi gw bingung mau nulis apa), akhirnya mengerahkan pikiran dari otak gw yang ga seberapa ini (lebih baik lah dari komputer paling jangkrik dikantor gw), akhirnya muncul sebuah abtract yang “asal-asalan banget”, abis keilangan ide banget mau nulis apa (kapan juga wulan itu punya ide cemerlang!!),,tapi gw sudah berusaha setidaknya. Menurut gw yang selalu kayaknya cuma setengah2 kalo usaha,,damn!!!harus berubah,,(sok sadar mode on),,hihihihi,,
Alhasil, masih sok sibuk dikantor dan males pulang ke mess, tapi bukannya kerja malah nulis ini blog.
Gw baru sadar deh kadang manusia itu banyak banget ngabisin waktu buat hal yang ga penting dan baru menyesal terakhir2 (gw banget ini mah!!), kafang itu manusiawi sih,,(sok membela banget gw!!),tapi kalo udah tau kayak gitu dan ga mau berubah namanya dableg dan gw masih di posisi ituu (hwwwwwaaaaaaaa,,,help me!!)
pengen berubah tapi susyah banjet (bahasa gaul katanya sih). Niat selalu ada, keinginan besar tapi giliran mau dilakuin ade aje yang ngebuat itu ga bisa dijalanin kapan gw bisa berubah??

Buat kalian2,plizz ini mah sebelum menyesal kayak gw dengan segala sesuatu yang sudah terjadi, mending dipikirin deh baik2 kalo mau ngapa2in, biar hasilnya selalu baik dan sesuai harapan.

Yang pasti jangan buang waktu loe dengan perbuatan ato hal2 bodoh yang ga berguna, termasuk nulis blog ini ,,*pletak,,gedebug,,aduh*(ada yang nimpuk gw pake buku).. Iyah2 nulis blog berguna lagi..hohoho..

So gw mau ngapain yah, kayaknya musti pulang, mandi, mikir lagi buat kerjaan ntar malem. Pokoknya model basemetal yang lagi dikerjain ini harus tuntas,,tas,,tas,,doakan aku yah!!!