Cerita Sepeda

IMG_3211
Salah satu pojok kota Copenhagen

Inget waktu transit di Copenhagen sebelum saya terbang ke Iceland. Cuma sehari semalem, tapi saya jatuh cinta dengan suasana kotanya. Bukan karena bangunan tua indahnya saja, tapi saya terhipnotis dengan banyaknya sepeda dan melihat dengan super nyaman warganya bersepeda kemana saja. Sebenarnya saya sudah lihat sejak di Amsterdam budaya bersepeda ini, tapi entah mengapa apa yang saya lihat di Copenhagen berbeda.

Sudah minggu ke 4 saya berada di Canberra untuk ikut Summer School di Australian National University. Saya terbang ke sini, 2 minggu setelah perjalanan saya keliling Eropa tepatnya. Saya dan rekan kerja saya menyewa sebuah apartemen di daerah Lyneham, sekitar 5km dari uni. Jauh?ga juga. Kami menyewa sebuah apartement lewat airbnb.com yang cukup bagus dan lengkap fasilitasnya. Yang saya suka adalah mereka menyediakan 2 buah sepeda. Horeeee!!!

IMG_3393
Sepeda yang disediain di apartement

Ternyata budaya disini orang-orangnya suka bersepeda kmana saja. Mau pake kostum apa aja ke tempat tujuan kamu, kamu ga akan malu buat bersepeda di sini. Sering banget liat setelan ga matching ke kantor, dengan kemeja berdasi tapi celananya, celana pendek. Tapi itu biasa banget di sini!😀. Kadang kalo ketemu saling senyum, ih ramah-ramah banget kan?? Apalagi kalo ganteng yang senyum #eaaa *keplaksendal*

Bahkan bike path dari apartement ke uni cukup dekat dan bagus, melewati hutan kota eh taman kota yang hijau. 5 km ditempuh dalam 15-20 menit bersepeda santai. Ah seperti mimpi yang terwujud saat saya ngayal di Copenhagen rasanya. Bahkan jam berapapun bersepeda di sini, aman! Pernah pulang jam 12 malem (bahkan pernah lebih malem eh menjelang subuh) dari acara bbq di rumah seorang temen, ga ada takut sama sekali, walau setengah sadar ga sadar pas pulang.😀 Karena rutenya jelas, saya pun ga nyasar.

Yang saya suka adalah rute bersepeda mengelilingi Lake Burley Griffin, sebuah danau buatan ditengah kota yang sangat indah. Kalo weekend saya bersepeda di sini, selain bersepeda biasanya ada juga yang lari, sekedar jalan sehat, yoga dipinggir danau, kayaking, mancing, bahkan berenang dan banyak kegiatan yang menyenangkan lainnya. Rutenya sekitar 28-30km untuk satu loop penuh. Nah ini pun sama, pemandangannya indah. Kalo beruntung bisa nemu kangguru. Ini jadi hobi banget selama di sini tiap minggunya datangin tempat ini. Dan tiap sore 10 km keliling sekitar apartement.😀

Bersepeda di sini tentunya harus mengikuti peraturan dan rambu yang ada. Harus pake helm dan lampu kalo malam hari. Jangan lupa lambaikan tangan kalo mau belok, kasih tanda kanan kalo mau ke kanan dan sebaliknya. Tetap ada di bike path kalo di jalan utama juga atau keep left jika tidak ada garis bike path. Di sini, dimanapun ada parkiran sepeda. Kalo ga ada anda boleh parkir ditiang yang aman, tapi jangan lama-lama ditinggalin. Karena sepeda yang ditinggal lama, akan diamanin oleh bapak pamong praja di sini (menurut yang saya baca di buku panduan apartement). Jangan lupa digembok juga, agar tetep aman!

Ah coba yang banyak di Bandung bukan motor, tapi sepeda. Dengan bike path yang bagus juga. Pasti menyenangkan!Ngayal juga di site disediain bike path dari Camp Pelangi ke Permata. Saya ga akan ngomel karena nungguin shuttle bus yang kadang lama datangnya.😀 Saya beli sepeda sendiri juga, ga akan minta perusahaan.😛

Kamu suka bersepeda?

 

 

 

 

13 thoughts on “Cerita Sepeda

  1. Whoaaa kereenn, berapa lama summer course nya? Nyari sendiri atau dapat dari kantor? Haha kepo ya, soalnya aku juga pengen ikutan summer course😀
    Foto2nya keren banget wulan, langitnya biru dan panas gitu ya. Sementara di Den Haag tiap hari hujan, tempo hari malah hujan es *lah malah curhat😅
    Disini kemana2 naik sepeda. Belanda kan negara sepeda. Aman, nyaman, raja banget disini naik sepeda, asal taat rambu ya. Dan disini sepedahan ga pake helm. Dan yang naik sepeda modis2 dandanannya. Pakaian kerja gitu, rok pendek, blazer, seneng lihatnya🙂

    1. ah iyah mba..itu yang aku liat di copenhagen juga, semodis apapun pada naek sepeda..suka banget ngeliatnya..
      kebetulan skrg dikirim sama perusahaan buat summer school nya mba.udah mulai masuk musim panas, jadi langit cerah ceria dan udara bersahabat. Kebetulan Canberra cuacanya agak susah ditebak. minggu lalu panas siangnya eh sore hujan es juga..:D

  2. Kereeeen, menyehatkan, pengen juga tinggal agak lamaan di tempat2 seperti itu neng nong. Lake Griffin, finally I remember the name of the lake in Canberra.😀😀
    Semangka. *kirim dua potong, satunya buat abang2 ganteng yang sering lo temui*.🙂❤

Leave a Reply

