New Zealand vs Iceland (Versi Saya)

  

Tahun ini, saya merasakan autumn di bagian dunia yang berbeda. Sekitar akhir April hinggal awal Mei saya merasakan autumn di New Zealand dan baru saja 10 hari lalu saya mengakhiri perjalanan autumn di Iceland. Akhirnya 2 tujuan impian saya lengkap tahun ini. Cita-cita jadi geologist geothermal memang ga kesampaian, tapi berkunjung ke negara impian para geologist geothermal terpenuhi. Dulu hanya bisa liat dari slide kuliah tentang negara-negara ini tapi tahun ini, Puji Tuhan! kaki sudah menjejak di kedua negara.
Berawal dari ajakan Mba Bijo, saya mengiyakan dan ga pake pikir panjang untuk mengiyakan pergi ke Iceland berburu Aurora! 

Ketika kita mulai road trip, obrolan saya dengan Mba Bijo membawa memori saya tentang New Zealand (maklum masih bekum move on dari New Zealand). Karena kita pernah sama-sama jalan ke New Zealand, kita berpendapat bahwa Iceland dan New Zealand punya banyak kesamaan.

Baiklah, sebenernya New Zealand dan Iceland itu serupa tapi tak sama. Mungkin kata-kata tersebut yang bisa menggambarkan dengan tepat maksud saya, tapi ijinkan saya membahas kemiripannya tersebut.

Selamat menikmati New Zealand vs Iceland versi saya ini.

  1. Letaknya di ujung dunia

  

Kedua negara ini dipisahkan oleh jarak 17,186 km. Yang satu dekat dengan Kutub Utara dan yang lainnya dekat dengan Kutub Selatan. Bisa dibayangkan iklim dan cuaca kedua negara ini seperti apa.🙂

Keduanya memiliki kemiripan tapi dengan drama alam yang beda. Dan jangan tanya juga, akibat jarak yang jauh, anda harus merogoh kocek agak dalam untuk menuju negara-negara ini, tapi banyak cara untuk menyiasati biaya besar dalam mengunjungi negara-negara ini. Saya akan bagikan nanti tentang Iceland, kalo untuk NZ rasanya sudah pernah saya bagikan sebelumnya.

  1. Negara Teraman dengan tingkat bahagia tertinggi di Dunia

  

Kedua negara ini masuk dalam urutan tertinggi sebagai negara teraman di dunia, ditambah lagi kedua negara ini masuk ke dalam urutan negara dengan penduduk yang memiliki tingkat kebahagian tertinggi di dunia. Bayangkan dengan alam yang indah, polusi yang sangat minim, pemerintah yang tingkat korupsinya rendah, rasanya tidak ada alasan lagi mengapa kedua negara ini mutlak masuk dalam peringkat tertinggi negara teraman dengan penduduk terbahagia di dunia.

  1. Keindahan Alam yang UNSPECTACULAR

  
Ini hanya istilah saya sendiri sebenernya untuk menggambarkan keindahan alam kedua negara yang rasanya tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Jujur saja istilah ini saya gunakan, karena saya tidak tahu cara menjelaskan si kedua negara yang alamnya penuh dengan drama ini, alamnya selalu punya sendiri untuk keliatan dramatis di mata turis dari daerah tropis yang kedinginan tapi alamnya menghangatkan mata saya dengan pemandangan indahnya. Di kedua negara UNSPECTACULAR ini sejauh mata memandang, mata disuguhi lukisan alam yang luar biasa indah, warna hijau yang kadang diselingi warna kuning dan merah musim gugur yang menambah cantiknya pemandangan di kedua negara di ujung dunia ini.

  

Puncak gunung bersalju, glacier yang luas, gunung api, fjord dan danau-danau indah ada di kedua negara ini. Manifestasi geothermalnya juga sama, geyser dan fumarole. Belum lagi air terjun hasil lelehan glacier dengan sungai warna turquoise pun ada di kedua negara ini. Saya jatuh cinta dengan kedua negara ini!

  

Di New Zealand saya suka air terjun liar sepanjang West Coast dan Millford Sound. Di Iceland, air terjun seperti Gullfoss, Skofagos, Seljalandfoss dan air terjun liar sepanjang jalannya tak kalah cantiknya.

  

Di New Zealand, glacier di bawah kaki Mount Cook dan Fox Glacier merupakan lokasi glacier yang terjangkau dengan jalan kaki (dari tempat parkir mobil terdekatnya maksud saya). Dan Iceland juga punya komplek Glacier terbesar di Eropa bernama Vatnajokull, areanya menempati sekitar 8% dari Iceland dan yang paling lokasi glacier yang paling terkenal adalah Jokulsarlon, sebuah sungai hasil lelehan glacier menuju laut yang dipenuhi bongkahan es mengambang secara acak yang indah indah. Bongkahan esnya pun terbawa hingga ke laut selatan Iceland, dan juga menyisakan bongkahan es besar di sepanjang pantainya. Tempat sangat mudah dijangkau karena berada tepat dipinggir jalan route 1 setelah kota pesisir bernama VIK.

  
  

  1. Domba lebih banyak dari Penduduknya

Bagian ini mengingatkan hari dimana saya mendarat manis di Christchurch dengan sambutan suara domba dan sapi di bandaranya. Haha!!

  
Inilah kedua negara yang rasanya domba lebih banyak daripada penduduknya. Bayangkan New Zealand hanya memiliki populasi 4.4 juta penduduk dan Iceland hanya 330 ribu penduduk. Domba disini bisa berkali lipat dari jumlah penduduknya dan banyak tersebar di pegunungan dan ladang rumput di seluruh wilayah. Oke bukan cuma domba, tapi sapi dan kuda juga. Kalau tidak salah dengar bisa digambarkan dengan perbandingan 1:20 (1 orang = 20 domba).

Tapi mungkin inilah penyebab alamnya tetap indah, sedikitnya pembangunan dan penduduk membuat alam tetap terjaga dan kualitas hidup menjadi tinggi di kedua negara ini.

  1. Good Products!

  
Ikan segar, daging domba yang empuk, daging pork yang lembut, susu dan yogurt, butter, wine, madu dan hasil makanan dari alam dengan kualitas tinggi tersedia di kedua negara ini. Bayangkan saking bersihnya air sungai di kedua negara ini juga terjaga, kamu tinggal bawa botol dan mengisinya langsung diseluruh sungai yang mengalir di kedua negara ini tanpa harus takut sakit perut.

Manuka honey adalah produk madu paling terkenal di New Zealand. Benang wool dari kedua negara juga adalah salah satu yang terbaik di dunia.

  1. Tempat terbaik untuk Road Trip

  
Jalan yang lurus dan panjang sama-sama dimiliki kedua negara. Road trip adalah cara terbaik untuk mejelajahi kedua negara ini. Pemandangan sepanjang road trip bener-bener indah, bayangkan setiap jengkalnya tidak saya lewatkan, malah tidak sempat membuat saya ngantuk selama diperjalanan. Pengen deh bisa ngambil foto semua yang saya lihat, tapi ketika saya sadar bahwa setiap jengkalnya indah, saya putuskan hanya mengambil foto dibeberapa tempat dan sisanya cukup dinikmati mata dan direkam dalam ingatan. Beberapa itu lebih dari 1000 foto untuk masing-masing negara. Haha!!! Percayalah itu sih masih sedikit. Kedua negara ini sih SURGA buat para fotografer dengan kamera canggih yang lensanya bisa lebih mahal dari bodi kameranya itu. LOL!

  
  
 
   
   

Ditambah lagi pemerintahnya mendesain kursi dan meja untuk makan siang di tempat dengan pemandangan yang indah sebagai viewnya. Titik-titik lookout ini banyak tersedia dipinggir jalan selama road trip, tempat ini disediakan gratis untuk mobil berenti sejenak untuk sekedar beristirahat atau mengambil foto dan dijamin anda akan mendapatkan foto indah dari titik-titik lookout ini . Jangan khawatir juga, toilet selalu ada disetiap tempat wisatanya. 

Kemanapun anda jalan, anda dapat menghitung waktu jelajah dan panjang jelajah jalan yang dilalui dengan tepat. Ga ada macet, ga ada jalan berlubang dan ga ada salah hitung waktu berapa lama anda mencapai satu tempat ke tempat lain!
  
Menurut saya, kualitas pemerintahan yang baik dilihat dari kualitas jalan-jalan di setiap negaranya. Jelas sekali dinegara-negara ini korupsi rendah. Jalan panjang aspal yang mulus adalah bukti paling jelas.

  1. Tempat berburu Aurora

Ini adalah dua tempat yang tepat untuk berburu aurora. Kesempatan bertemu Aurora Borealis di Iceland lebih besar ketika Autumn dan Winter. Ketika saya berkunjung di Iceland kemarin, saya melihat Aurora Borealis hanya sayang kamera saya kurang mumpuni, alhasil saya tidak mendapatkan fotonya dan hanya bisa menikmati warna hijau di atas langit tanpa mengabadikannya. Dan New Zealand adalah tempat munculnya Aurora Australist, tapi saya tidak tahu dengan jelas kapan si aurora di New Zealand muncul. Di New Zealand saya hanya lihat Milky Way yang indah di atas langit danau Te Anau.

  1. Fake sun does exist!

  
Ini yang tak dapat terelakan, karena lokasinya yang dekat dengan Kutub. Walaupun ada sinar matahari, semriwing angin dingin tak dapat terelakan lagi. Bagi turis dari negara tropis dengan matahari yang setia menyapa sepanjang tahun, matahari di kedua negara bagai matahari yang terang tapi kurang panas. Haha! Bagaimana tidak, ada matahari tapi saya tetap kedinginan dikedua tempat indah ini.

  1. Dream Destination

Sudah pasti kedua negara ini adalah dream destination semua orang. Millford Sound dan Jokulsarlon adalah tempat yang WAJIB dikunjungi dan masuk bucketlist para traveler. Belum lagi, Silfra di Thingvelir National Park adalah tempat impian para diver sedunia, bayangkan saja anda bisa menyelam dan menyentuh benua Eropa dan Amerika secara langsung. Masih banyak daftar tempat yang WAJIB dikunjungi di kedua negara ini.

  
Untuk saya, walau negara-negara ini termasuk tujuan dengan biaya mahal, tapi dengan cara yang tepat, biaya tidak akan jadi masalah besar lagi. Apapun akan dilakukan untuk bisa datang ke tempat ini. Tempat wisata alam disana semuanya gratis sebenernya, kalo kita mau road trip, sedikit hiking, mungkin sewa campervan atau tidur di tenda. Tapi perhatikan sign-sign dimana anda boleh mendirikan tenda dan memarkir campervan anda.
Tour dengan tavel agent ke tempat yang sebenarnya gratis itu yang membuatnya jadi mahal. Beberapa kegiatan memang ada yang bayar dan cukup mahal, tapi jika anda suka alam, anda sungguh dimanjakan di kedua negara ini, selain semuanya fee masuk daerah wisata gratis, fasilitas track bagus dengan akses mudah dan segala fasilitas lainnya sangat mendukung! Tapi tidak dapat dipungkiri, biaya ke Iceland sedikit lebih mahal daripada New Zealand. Tapi SAYA JAMIN ANDA TIDAK AKAN MENYESAL mengeluarkan biaya yang dihabiskan untuk bisa ke Iceland dan New Zealand..

  1. Nama Unik

Kedua negara ini memiliki nama lain yang unik. Nama lain Iceland adalah Landnámsöld sedangkan nama lain New Zealand adalah Aotearoa.

 Jadi anda pengen kmana nanti?Iceland atau New Zealand dulu?😀. Sekali lagi saya jatuh cinta dengan kedua negara ini, sudah dapat saya pastikan, saya ingin kembali mengunjungi kedua negara cantik ini.

 

22 thoughts on “New Zealand vs Iceland (Versi Saya)

  1. Owalaahh kamu tho Wulan yang jadi partner bijo di Iceland. Pas ketemu di Belanda dia cerita kalo sebenarnya ada 2 rombongan tapi misah ditengah. Duuhhh foto2mu bikin mupeeng banget. Aku pengen ke NZ dulu. Tapi lebih deket ke Iceland sih ya benernya. *labil 😅😅😅

    1. Haha..gitu ya mba..yang jauh malah lebih menarik..😅😅😅 gampang ke Iceland tapi tetep pengen NZ dulu

      Iyah itu saya mba..kita ketemu cuma di Iceland dan waktu mau pulang..

  2. Nangisssss!! Terharu dan ngiler. Neng nong poto2nya keren2 gitu, pasti masih bnyak koleksinya. Mau road trip di setidaknya New Zealand jugak!!! Oh, pingu akhirnya berjejak di sana. Cool!

Leave a Reply

