Samalona-Pulau Cantik di Selatan Makassar

Samalona Island

Sapa yang pernah denger nama pulau cantik ini? Pertama kali mendengarnya saya mengira itu adalah salah satu pulau di Pasifik. Tapi ternyata saya salah, ini merupakan sebuah pulau kecil di dekat Makasar.

Tahun 2010, saya dikirim perusahaan saya untuk sebuah conference di Makasar. Satu hari sebelum pulang, saya dan teman saya mencoba mengeksplor Makasar. Kami pergi ke Fort Rotterdam, Samalona Island dan Bantimurung.

Yang ingin saya ceritakan sekarang adalah Pulau Samalona ini. Pulau kecil di selatan Makasar dengan view yang indah, air laut biru yang jernih dan tentu saja pasir putih yang bersih.

Tepat di seberang pintu masuk Fort Rotterdam banyak sekali perahu kecil yang bisa kita sewa untuk nyebrang ke sana. Hanya hari itu jarang sekali wisatawan ataupun pengunjung, mungkin kami datang terlalu pagi. Akhirnya tawar menawar boat yang cukup alot pun terjadi. Pertama si bapak pemilik kapal menawarkan tarif 400rb untuk trip pulang pergi ke Samalona. Tapi kami pikir itu kemahalan, sampai tega-tegaan akhirnya kami menawar harga hingga 200rb. Dengan trik menawar ala ibu-ibu dipasar yang sok jual mahal dengan pura-pura balik badan ketika si penjual ragu menerima penawaran harga, eh belum sampai 2 meter. Si bapak pemilik kapal akhirnya menyetujui harga itu.

Akhirnya kami nyebrang dengan kapal kayu kecil menuju Pulau Samalona. Perjalanan yang ditempuh tidak terlalu lama, kurang lebih 20-30 menit rasanya kami diatas kapal sampai akhirnya kami menjejakan kaki di pulau tersebut. Pemandangan sepanjang perjalanan cukup menarik, banyak kapal-kapal kecil dan besar yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing.

Sampai akhirnya sampai di pulau tersebut dan sungguh kaget ketika saya sampai disana. Laut yang jernih dan pasir putih bersih tapi minim fasilitas untuk pengunjung. Tidak terlihat ada penginapan atau apapun yang biasanya identik dengan tempat wisata, hanya sebuah kampung yang kurang terawat disana. Saya bukan pecinta hotel mewah, dalam benak saya, mungkin fasilitas layak seharusnya dibangun untuk membuat wisatawan atau pengunjung bisa menikmati pantai indah itu lebih lama disana. Karena saat saya tanyakan, adakah fasilitas penginapan di pulau tersebut? Mereka menjawab ada, tapi bentuknya cuma kamar di rumah penduduk yang disewakan, tarifnya pun cukup mahal menurut saya. Sekitar 300-400rb per malam. Sepertinya pulau ini memang milik sebuah komunitas atau penduduk sehingga mungkin sulit untuk dikembangkan. Di dermaga masuk ke Pulau ini terlihat daftar nama pemilik pulau.

Sejujurnya saya sangat terhibur dengan birunya laut dan pasir putih, hanya sebaiknya datang ke Samalona di sore hari. Waktu itu saya datang jam 9 pagi dan matahari mulai terik. Mungkin ini adalah contoh kecil sebuah pulau yang indah tetapi kurang perhatian untuk dikembangkan sebagai objek wisata yang potensial di negeri ini.

7 thoughts on “Samalona-Pulau Cantik di Selatan Makassar

1. Belum pernah kesana, cuma yakin banget indah tempatnya. Kalo enggak ga mungkin dibikin lagu sama Imanez. Satu dari cintaku jadi milikmu.. Aduh maaf, jadi nyanyi😀