Berburu Visa Ujung Dunia Bagian Selatan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

“New Zealand is a place where you can get well” ~ James Nesbitt

Tiba-tiba saya kangen perjalanan saya ke ujung dunia bagian selatan di akhir April lalu. Perjalanan yang beneran bikin susah move on.  Rasanya masih banyak tempat indah yang harus dikunjungi di sana.

Nah masalahnya sebelum ke sana, sebagai horang endonesah kita kudu dan harus juga wajib bikin visa. Saking jarangnya orang Indonesia yang berlibur ke sana, referensi buat bikin visa ke NZ waktu itu sedikit banget. Terutama untuk pengurusan visa turis. Saya ingin mencoba membagikan sedikit tips dan langkah-langkah yang dilakukan saat apply visa ujung dunia bagian selatan ini. Walau sudah sedikit basi, biarkan saya tetap berbagi ya..:)

  1. Kapan sebaiknya saya ngurus visa New Zealand?

Kalo ini normalnya satu bulan sebelum keberangkatan. Pengajuan visa saya tepat satu bulan sebelum keberangkatan.

  1. Dimana saya bisa apply visa New Zealand?

Untuk visa New Zealand kita tidak perlu datang ke kedutaan New Zealand, cukup masukin data di VFS Global section New Zealand. Section New Zealand itu nyatu sama UK dan Australia. Tapi kalo kamu masuk ke sana cuma section NZ yan paling lengang, yang ngajuin ga akan lebih dari 5 orang. Waktu itu cuma ada 2 personal applicant (saya dan seorang ibu), sisanya 3 orang dari travel agent. Beda banget dengan UK dan OZ yang super bejibun applicantnya. Ga perlu bikin janjian dengan pihak VFS, kalo persyaratan udah lengkap, tinggal melenggang dengan elegan ke sini.

Begitu masuk kita tinggal celinguk ke kanan, cuma ada 2 loket dipojok dilengkapi dengan gambar fern yang jadi ciri khas si negara ujung dunia ini.

 Alamat VFS Global

New Zealand Visa Application Centre

Kuningan City Mall Lantai 2 No L2-19

Jalan Prof DR Satrio Kav 18

Jakarta 12940

  1. Persyaratannya apa aja sih?

Nah paper work adalah yang paling ribet sebenernya. Siapin ini itu, aahhhh males, tapi kalo inget negara tujuannya pasti semua tantangan diterjang. Eiittss saya udah mulai ngelantur. Disarankan untuk cek website NZ embassy untuk lengkapnya dan segala kemungkinan perubahannya. Waktu itu yang saya siapin adalah sebagai berikut :

  • Isi formulir NZ 1017

Formulir ini bisa kamu unduh langsung di website New Zealand Embassy. Isi dengan hati-hati dan lengkap untuk setiap section yang diperlukan. Beda dengan Visa lainnya, New Zealand ini memberikan kemudahan untuk keluarga, hanya satu aplikasi saja untuk seluruh keluarga. Jadi hemat! Tapi untuk single kaya saya formulir visa cukup diisi yang bagian data applicant utamanya saja.

  • Pas Foto Terbaru (minimal 6 bulan sebelumnya)

Pas foto dengan latar belakang netral (warna bebas) berukuran 3.5cm x 4.5cm. Saya lebih memilih latar belakang putih.

  • Bukti tiket pesawat PP

Disarankan untuk tidak beli dulu tiket pesawat. Dummy tiketpun bisa digunakan, yang penting ada tanggal kapan terbang masuk dan keluar dari New Zealand. Waktu itu saya coba untuk menggunakan sistem reservasi tiket di Air New Zealand dan Jetstar terlebih dahulu. Waktu itu saya cukup print screen itinerary yang saya belum bayar. Voilaa! It was work! 

  • Surat Keterangan Kerja

Minta sama HRD masing-masing surat keterangan kerjanya. Isinya kurang lebih menjelaskan posisi kamu dan sudah berapa lama kamu kerja disana. Pokoknya menyatakan bahwa betul-betul kamu punya kerjaan di Indonesia. Kalo untuk pengusaha, masukan bukti SIUP yang anda miliki.

  • Surat Keterangan Cuti

Nah ini beda dengan surat keterangan kerja. Surat keterangan cuti ini menjelaskan bahwa memang pada tanggal kamu ke New Zealand kamu memang sedang cuti dan sebutkan juga tanggal kamu kembali ke Indonesia untuk mulai kerja lagi.

  • Rekening Koran 3 bulan terakhir

Kalo kita nengok di website embassynya disebutkan bahwa syaratnya adalah NZD1000/bulan jika kita belum booking hotel dan NZD400/bulan kalo sudah ada booking hotel. Jadi sebaiknya endapkan NZD3000 untuk amannya atau NZD1200 jika sudah booking hotel. Waktu itu saya endapkan pas-pasan NZD3000 dollar di rekening aktif. Dan saya masukan juga tabungan lainnya sebagai jaminan. Jangan lupa sertakan juga foto kopi kartu kredit yang kamu miliki, ini sebagai penguat bukti keuangan kamu saja. Kalo pengen kuat, buat surat referensi dari bank tempat rekening aktif kamu. Biasanya diminta biaya pembuatan sebesar Rp 50.000 plus biaya materai Rp 6000. 

  • Itinerary Perjalanan

Ini contoh itinerary yang saya gunakan untuk pengajuan visa. Ini sebenernya tidak banyak sesuai dengan aktualnya, tapi setidaknya saya buat sesimple mungkin untuk pengajuan visa. Semua penginapan saya booking melalui booking.com. Jadi tidak perlu biaya apapun keluar untuk booking penginapan sebelum saya benar-benar menginap disana.

IMG_2810

  • Salinan Kartu Keluarga

Jangan lupa untuk menyertakan salinan kartu keluarga.

  • Paspor

Nah kalo paspor sih standar aja ya. Pastikan tanggal kadaluarsa paspor kamu, saat pengajuan pastikan 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Jika sudah kurang dari 6 bulan, sebaiknya urus perpanjangan paspor terlebih dahulu.

  1. Nah ini dia, berapa biaya yang dihabiskan?

Biaya pembuatan Visa hanya Rp 1.750.000 ditambah admin fee VFS Rp 250.000 dan biaya pemberitahuan lewat sms Rp 20.000 (ini sih opsional). Jadi jumlahnya kurang lebih Rp 2.000.000. Mahal yah!!memang..:P. Tapi ya seperti yang saya bilang harga ini berlaku untuk biaya satu keluarga. Nasib single kan??bayar lebih mahal itungannya. Nanti akan diberi struk pembayaran yang harus dibawa ketika mengambil paspor. Jaga baik-baik struk tersebut.🙂

IMG_2811

  1. Berapa lama prosesnya?

Kurang lebih 5 hari kerja, tapi karena saya ajukan hari jumat, jadinya makan waktu seminggu termasuk sabtu-minggu. Malem setelah saya masukin visa, saya menerima sms bahwa berkas saya telah diterima oleh pihak embassy dan sedang dalam proses. 5 hari menanti itu rasanya panjang dan bikin mules. Sampai akhirnya saya dapet sms untuk mengambil paspor saya kembali tepat di hari ke 5 setelah pengajuan aplikasi visa saya.

  1. Apakah ngambil paspor boleh diwakilkan?

Nah ini masalah saya kemarin, di hari paspor harus diambil saya sudah harus kembali ke hutan. Alhasil saya harus meminta tolong teman untuk mengambilnya. Tentu saja, pegambilan boleh diwakilkan dengan menyertakan struk pembayaran, surat kuasa dan foto kopi KTP.

  1. Hasilnya?

Hasilnya saya mendapatkan visa multiple entries yang berlaku 2 tahun dengan masa kunjungan 3 bulan untuk setiap kunjungan.

IMG_2812

 

Berminat untuk mengunjungi New Zealand? Semoga tulisan ini bisa membantu. Kalo butuh info lainnya bisa email ke wulandari.mandradewi@gmail.com. 

17 thoughts on “Berburu Visa Ujung Dunia Bagian Selatan

      1. Aku sebenarnya pengen nimbrung ikut kalo baca mau pergi rame2 gini. Tapi kok yaaaa jauh banget dari ujung ke ujung ya. Dan mahaaal kali ya kalo dari Belanda gini *ya menurut lo Den. Btw, mau inponya Non kalau sudah ada ancang2 mau pergi. Kali aja sudah ada duit *gali tanah cari harta karun :))))

      2. Mba deny,bisa dibagi 2 ini trip. Katanya sih New Zealand itu similar to Iceland. Mba den bisa mewakili perjalanan ke Iceland dan yang dari Indonesia ke NZ. Tinggal di kolaborasi info dan hasil perjalanannya nanti😀

  1. Wah nyari info harga visanya masih buat sekeluarga apa enggak ternyata masih ya.
    Sampe kapan tau nggak, Mbak? Pengen memanfaatkan ini banget tapi belom punya uang ke NZ.. Nanti kalo punya udah uang ternyata harga visanya udah nggak buat sekeluarga gimana ya… (sedih)

    1. Kayaknya kalo visa NZ selalu sama untuk keluarga. Atau cek updatenya di web embassy mrk. Liburan ke NZ efektifnya buat keluarga..satu kamar hotel atau holiday park pasti diset buat keluarga.

Leave a Reply

