Belajar dari Buku Menghirup Dunia

IMG_2262

Fieldbreak kali ini, seminggu pertama saya hanya menghabiskan waktu bersantai di rumah. Tentu untuk mengurangi rasa bosan, saya mencari cara untuk mengisi waktu santai saya setelah 28 hari kerja rodi. Spot yang paling saya senang di rumah adalah kamar saya. Sebuah kamar sederhana yang sedikit messy, tapi saya bisa menghabiskan berjam-jam waktu saya sekedar membaca buku, blogging, browsing dan tidur yang tak berkesudahan.😛

Dari sejak di site saya sudah penasaran dengan bukunya Mba Noni dan Mba Fabiola yang berjudul Menghirup Dunia. Dan sabtu kemarin saya memiliki kesempatan ngacir ke Gramedia dan ngubek-ngubek si toko hingga akhirnya saya mendapatkan bukunya. Seneng banget!

Sesampai di rumah saya langsung merobek bungkus plastik buku dengan sedikit keji, maklum saya super penasaran. Sambil memutar lagu favorit di kamar saya mulai menikmati cerita demi ceritanya. Dari judul dan cerita pertama saya sudah tahu bahwa ini bukan buku tentang cerita perjalanan semata, tapi lebih cerita dari para traveler yang mencoba mencari arti hidup. Ini pemikiran yang hampir sama ketika saya pertama kali melakukan perjalanan.

Cerita Malaikat bercelana pendek di Ho Chi Minh City seolah membawa flashback perjalanan saya di sana. Ketika saya kebingungan mencari hostel saya di HCMC dan seketika pria muda baik dengan senang hati menghampiri dan membantu saya hingga saya mendapatkan tempat penginapan yang aman. Teringat sebuah terakhir dari dia “You are like my sister, glad to help you, takecare and don’t put your bag like that (sambil menunjuk tas yang saya geletakan di depan resepsionis secara sembarangan)”.

Belum lagi cerita para traveler menuju tempat impian yang sebelumnya mungkin hanya mendengar nama negara atau kota. Tapi seketika tanpa sadar impiannya tercapai dan apa yang hanya didengar dan dilihat ada di depan mata. Sungguh saya bisa merasakan perasaan bahagia dan haru para traveler dalam buku ini. Seperti perasaan yang saya rasakan ketika saya menginjakan kaki di Angkor Wat dan New Zealand yang dulu hanya saya berani impikan saja.

Belum lagi cerita tersendiri mengenai keramahan para pemilik hostel atau penginapan yang di setiap tempat. Seolah melayangkan saya ke cerita perjalanan saya di Siam Reap yang bertemu pemilik hostel baik yang menyelamatkan saya dari penipuan tukang Tuk Tuk.

Beberapa perjalanan sederhana dalam negeri yang ada di buku ini sungguh membawa saya ke nostalgia perjalanan saya di berbagai pelosok negeri ini. Teringat perjalanan ketika saya pergi ke Pelabuhan Ratu untuk pemetaan lapangan Tugas Akhir Sarjana saya. Ketika itu saya hanya seorang diri tanpa teman. Tapi saya bertemu sebuah keluarga baik yang memiliki warung di Cisolok dan bapaknya yang tua renta merupakan Hansip daerah wisata Cisolok. Sungguh dengan kebaikan mereka, mengantarkan saya mapping masuk dan keluar hutan disana dan saya diselamatkan dari tukang ojek abal-abal yang mungkin bisa mencelakakan saya saat itu. 4 pulau besar di negeri ini telah saya jelajahi, sampai berbagai macam tempat terpencil yang membuat saya mengenal keramahan penduduk Indonesia yang kadang sulit saya temukan di kota besar. Sungguh seperti quote dari Jimmy Nelson yang ditulis dibuku ini juga “The futher away you get, the kinder people are”.

Buku Menghirup Dunia ini memberikan pandangan yang sangat berbeda mengenai sebuah perjalanan. Bukan perjalanan yang hanya menikmati pemandangan atau sibuk mengabadikan perjalanan dalam bentuk foto. Tapi lebih ke interaksi para traveler dengan alam dan berbagai macam orang yang ditemuinya. Perjalanan yang akhirnya menjadi kekayaan yang tak lekang oleh waktu bagi para pelakunya dan membuka pandangan baru mengenai kehidupan.

Nah buat para traveler jangan lupa yah untuk cari buku ini! *bukan iklan berbayar, hanya kesenangan hati untuk merekomendasikan buku bagus*

“Karena di Setiap Perjalanan Ada Cerita” ~Menghirup Dunia

11 thoughts on “Belajar dari Buku Menghirup Dunia

Leave a Reply

