Ceritanya Pengen Hidup Sehat (Mungkin Hanya Cerita)

IMG_2176

Tergugah dari sebuah status Facebook teman yang bilang “Aku pingin langsing…tapi ga diet..gustiii meni hese…‪”. (artinya : Aku pingin langsing..tapi ga susah diet..kok susah amat ya).

Ah itu hampir sama dengan perasaan saya 3 tahun lalu. Dulu jaman kuliah saya termasuk yang hobi ngegym, memang tidak kekar seperti Agnes Monica, tapi setidaknya berat badan masih normal saat itu. Sampai di tahun ke tiga kerja, rasanya badan saya masih belum berubah karena masih ke lapangan, treadmill dan kadang bulutangkis. Dan satu lagi, sampai 2 tahun pertama kerja saya tidak makan nasi. Ini malah menjadi kunci sukses jaga berat badan seimbang saat itu.

Sampai akhirnya saya memutuskan kerja ke Palu, yang membuat saya jarang olahraga, duduk di kantor terus dan tidak menjaga pola makan saya. Akibatnya berat badan saya melesat naik hingga 10kgs. Rasanya sedih! Bukan cuma berat badan, tapi kulit saya juga menjadi bermasalah alias berjerawat parahhhhhh, dimana sebelumnya saya jarang sekali memiliki masalah kulit. Nah ini bikin jadi double SEDIH!!

Udah berusaha ke dokter buat masalah kulit dan habis jutaan rupiah, terus minum pelangsing dan lain-lain. Tapi hasil tetep nihil. Sampai akhirnya saya pindah kerja ke Sumatera Utara ini. Saya lihat ada fasilitas gym yang bisa dimanfaatkan, saya mencoba untuk mengubah pola hidup saya seperti yang dulu (ceile macem lagu aja!). Saya tidak terobsesi untuk jadi kurus, tapi saya ingin mendisiplinkan diri saya lagi. Walau belum bisa kembali seperti semula berat badannya, tapi saya merasakan tubuh saya lebih baik setelah berolahraga rutin dan bonusnya saya udah ga terlalu banyak masalah dengan kulit saya terutama jerawat seperti jaman dulu. Sekarang udah ga double sedih lagi, tapi jadi double seneng!! Tapi masih mau mulai menghilangkan nasi sedikit demi sedikit lagi untuk saat ini. Masih agak susah memilih menu makanan, karena makanan di tempat kerja jenisnya sedikit, ya itu biasanya pengulangan saja dengan nama yang berbeda.

Seperti sebuah quote bilang “What you eat is what you are”, Contoh nyata dari quote ini adalah beberapa ayam di Jepang diberi makan jeruk No 1 dengan harapan si ayam bisa menghasilkan telur dengan bau/rasa jeruk. Dan ternyata itu berhasil! Jadi menurut saya ketika baca artikel itu adalah ayam aja bisa gitu, apalagi tubuh manusia yang diciptakan lebih luar biasa. Kalo makanan kita bener, pasti itu akan merefleksikan apa yang akan dihasilkan dari tubuh kita.Jadi musti hati-hati dalam memilih asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ini hanya IMHO yah..:P

Jujur yah, saya belum bisa hidup sehat 100%! Saat ini saya hanya berusaha mencoba kembali hidup sehat dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

Nah kalo kamu gimana?

2 thoughts on “Ceritanya Pengen Hidup Sehat (Mungkin Hanya Cerita)

  1. Langsing itu bonus dari hidup sehat. Yang penting sehat dulu, kalau menurut pendapatku🙂. Aku makan nasi kalau siang aja. Kalau pagi sampai jam 12 siang makan minimal 2 macam buah. Bangun tidur minum perasan jeruk nipis campur air hangat. Kalau malam makan raw vegetables. Awalnya mengikuti aturan Food Combining, ternyata enak dan cocok sama aku, ya keterusan sampai sekarang. Sudah 5 tahun lebih kayak gitu. Dan aku ga makan daging sama ayam, karena memang ga suka rasanya. Masakin suami sesekali daging sama ayam, tapi jaraang banget karena dia juga ga terlalu suka. Tapi kami pencinta seafood ). Lari minimal seminggu 2 kali, sepedahan kemana-mana, sama jalan kaki kalau ga terlalu jauh tempatnya. Itu pengalamanku. You are what you eat ^^ Semangat Wulan buat hidup sehat🙂

    1. makasih mba deny..smoga bisa ngikutin pola hidup sehat mba deny dan suami juga..aku ga bisa makan seafood karena alergi..kalo udah ditempat kerja, buat buah2an susah banget carinya mba..jadi kadang agak susah buat ngatur makanan..tapi berusaha sebisanya aja sekarang..:D

Leave a Reply

