[NZ Trip] Berapa Sih Budgetnya?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setiap pulang traveling, pertanyaan yang sering muncul adalah :

“Berapa budgetnya?”

Kalo disuruh menghitung berapa biaya yang gw habiskan selama di NZ, gw bingung jawabnya. Gw bukan tipe yang rajin nulis pengeluaran selama traveling. Gw biasanya udah punya coretan dan target berapa banyak yang harus gw habiskan di setiap perjalanan.

Jadi kalo ditanya apa model traveling kamu?Gw bakal bingung jawabnya. Yang pasti gw hanya berusaha menikmati setiap perjalanan gw kemana pun. Ini dia yang gw habisin, biaya kalian mungkin bisa jadi lebih rendah atau lebih tinggi dari yang gw habisin. Buat ancer-ancer kalo kalian yang pengen jalan ke NZ.

1. Lodge

Selama di NZ biaya penginapan sangatlah random. Mulai dari :

– Jail Accomodation Christchurch (NZD36/malam)
– Heritage Gateaway Omarama (NZD129/malam)
– Top 10 Holiday Park Te Anau (NZD150/malam)
– Wyndham Hotel Wanaka (NZD129/malam)
– Beachfront Hotel Hokitika (NZD150/malam)

2. Food and Beverages

Kalo biaya makan, tergantung kamu makan apa, ini cuma biaya range yang kemarin gw keluarin untuk makan. Tapi dimanapun kamu makan sebaiknya pilih satu menu dan bagi dua atau sama temen kamu. Karena ukuran makanan di NZ kalo buat Asian pasti kebanyakan banget. Satu porsi bisa buat 4 kali makan.

– Breakfast dan lunch kurang lebih sama Antara NZD5-20 (tergantung menu juga)
– Kopi hampir semua tempat sama harganya mulai dari NZD3-5
– Air mineral per botol sekitar NZD3-4
– Dinner yang agak mahal Antara NZD30-80 (tergantung menu yang kamu pilih)

Catatan : Kalo pengen murah, cari rumah makan asia atau beli di supermarket terus diangetin di microwave hotel. J

3. Tempat wisata

Museum dan wisata alam biasanya GRATISS!! Kecuali mau camping yah, ada beberapa yang kudu bayar. Selama gw disana yang bayar adalah :

– Kawarau Bungy Jumping
Untuk bungy jumping bayar NZD195, ditambah foto dan video NZD80

– Shotover Jet
Untuk atraksi ini gw bayar NZD129, ditambah foto dan video NZD40

– Skyline Queenstown
Untuk Gondola menuju restaurant sekitar NZD50 (untuk dewasa)

– Milford Sound Cruise
Untuk cruise selama 3jam keliling Milford Sound sekitar NZD85.

4. Fuel

Biasanya sekali isi antara NZD78-80 (full tank) sekitar 550km jarak tempuh. Ngisinya setiap 2 hari sekali. Tapi ini tergantung jenis kendaraan. J

5. Biaya Visa

Pembuatan visa menghabiskan 2 juta (Visa Rp 1.750.000,00 dan biaya administrasi Rp 250.000). Kemarin gw dapet visa Multiple Entries yang berlaku selama 2 tahun.

Catatan : Tabungan yang disarankan ketika kita mengajukan visa, perkiraannya biaya hidup sekitar NZD1000/bulan. Usahakan NZD3000 udah mengendap selama 3 bulan ditabungan. Tapi ini hanya jumlah yang disarankan.

6. Biaya Pesawat

Tergantung juga kalian mau pake pesawat apa. Kemarin rute gw adalah Bandung-Denpasar-Melbourne-Christchurch (return) habis sekitar NZD1000.

Silahkan kalian hitung-hitung sendiri beberapa budget yang sesuai dengan kalian.

14 thoughts on “[NZ Trip] Berapa Sih Budgetnya?

Leave a Reply

