[Dilarang Protes] Saya Masih Fieldbreak :P

Pagi yang cerah di Bandung, suara anak kecil udah riuh dari luar rumah, itu tandanya gw masih Field Break..:p

2 hari lagi gw harus kembali ke tempat gw bekerja, terjebak dalam rutinitas sebagai kuli batu.

Gw bekerja di salah satu tambang emas di daerah Tapanuli Selatan. Perlu naek pesawat selama 1 Jam 55 menit dari Jakarta ke kota Sibolga, ditambah 45 menit dengan mobil menuju lokasi. Dulu sebelum ada pesawat langsung ke Pinang Sori (Sibolga), gw melewati jalur yang cukup panjang. Terbang sekitar 2 jam ke Medan dan dilanjutkan terbang dari Medan ke Pinang Sori selama 45 menit, lalu pake mobil itu 45 menit. Itu kalo lancar, kadang pesawat delay, cuaca buruk, Gunung Sinabung meletus dan yang paling parah taun lalu..Bencana Asap melanda..terpaksa lewat jalan darat dari Medan ke site dengan lama perjalanan 10-12 jam. Fiuhhh..Belum mulai kerja badan udah sakit duluan tahun lalu. Semoga tahun ini ga ada isu asap lagi..

Gw kerja dengan roster 28 hari kerja 14 hari fieldbreak, tapi 12 jam kerja setaip harinya dalam 28 hari kerja dan beneran ga ada liburnya, malah ini bikin suka lupa hari, karena setiap hari kayak Senin. Kadang perasaan jenuh melanda karena harus bangun jam 4.30 pagi, siap-siap kerja dan pergi jam 5.45 ke kantor. Kalo mau sarapan dulu terpaksa jam 5.30 harus udah keluar kamar dan nongkrong di messhall. Belum lagi kalo ke kantor harus nyari tumpangan atau menunggu shuttle bus yang terkadang memakan waktu, akibatnya kadang gw dating telat di kantor jam 6.15. Untung bos gw super baik..bukan salah gw tapi salahkan shuttle bus yang suka datang telat :p

Kalo udah nyampe kantor, udah mulai ga bisa nafas, pekerjaan bejibun dan menggunung. 12 jam kerja itu ga kerja terus sih, kita punya jam istirahat setiap 1 jam tiap hari, kadang ada juga diselingi ngopi 10 menit setiap jam 10 pagi dan 3 sore. Jadi ga terlalu stress. Tapi tetep kalo udah mulai masuk minggu ke 3, semua orang tampangnya udah kayak zombie, haus yang namanya fieldbreak.😛

Oh iya, area kerja gw itu ada area tambang (PIT), kantor dan mess untuk para pegawai FIFO (yah kayak gw ini, fly in fly out). Masuk kerja jam 6, pulang kerja jam 6. Terus biasanya malem hari para pegawai punya kegiatan macem-macem. Ada yang maen bola, ada yang nge gym, ada yang duduk santai di bar, ada yang barbeque, sekedar ngobrol dan ngopi di mini market dan kegiatan santai lainnya supaya ga stress di site. Maklum kita ga bisa sembarangan keluar kalo ga punya exit permit khusus atau kalo mau keluar musti ijin manager..ahh ribet!!Makanya gw jarang banget ke luar site.

IMG_1856Suasana malam yang remang-remang di site..:p

Makanya pas field break, semua orang berusaha memanfaatkan waktu buat tidur sepuasnya, jalan-jalan, ngelakuin semua kegiatan yang diingini. Kalo gw pas fieldbreak adalah jalan-jalan, tidur dan wisata kuliner. Kenapa? Karena selama di site kita memang disediain makan 3 kali sehari, satu bulan sekali ada tema khusus seperti makanan sunda, Thailand atau random makanan suatu daerah atau Negara. Belum lagi kalo hari sabtu itu hari Barbeque, mau lamb chop, tenderloin atau semua jenis steak tersedia. Nah hari minggu adalah hari untuk roasted sesuatu, bisa duck, turkey, dll. Tapi tetep yah selama kerja disana menunya itu-itu aja. Dan masakan yang dibuat secara massal membuat rasanya jadi sekenanya. Jadi makanan enak itu bener-bener dicari pas field break. Buat gw makanan enak itu bukan yang aneh-aneh, cuma sekedar pecel, nasi goreng atau masakan nyokap. Kalo bisa sih yang agak kurang halal jadi pilihan. Pokoknya makanan yang ga bisa gw dapet di sana.

Selama fieldbreak yang paling diharamkan adalah menanyakan pekerjaan, baik telpon atau email. Jadi kalo sudah mulai fieldbreak, mau boss mau rekan kerja ga akan ada yang nanyain masalah kerjaan via apapun. Semua handover dan masalah kerja harus dibereskan sebelum pergi melenggang ke kota masing-masing. Kadang cuma mantau aja email kerja dan bales jika ada yang urgent. Kalo ga ada yang urgent mah ga perlu dibales, dibiarin aja. Ini udah 2 hari lagi sisa fieldbreak. Biasanya gw baru ngecek email, liat perkembangan yang ada di kantor. Makanya udah kebayang semuanya. Siap ga siap gw harus balik lagi kerja. Pake seragam orange dan sepatu safety lagi.

Tapi sekarang gw masih fieldbreak, mari kita santai-santai lagi di kasur..😛 Yang lagi kerja ga boleh protes.

Selamat bekerja teman-teman. Have a nice day. Smangat!! *kecupsatu-satuwalaubelummandi*

6 thoughts on “[Dilarang Protes] Saya Masih Fieldbreak :P

1. wah hebat ya kerja di tambang lha emang jadi ahli geologi ya😀, dl ada temen kerja di kalimantan juga begitu, tp bukan di tambang kayaknya, perkebunan apa gitu lupa. model kerja dan liburnya mirip-mirip gitu, kerja rodi terus libur lama🙂

1. betul juga sih, kan memang harus di pelosok ya. tp siapa tahu nemu tambang di tengah kota waktu explorasi dimana gitu😀