Malaka yang tersohor

Ah ga terasa udah setahun lalu ternyata perjalanan SE Asia gw, tapi janji-janji palsu buat nulis tentang itu setahun lalu terhambat akibat rasa malas dan tahun lalu jarang banget pas cuti bisa duduk manis dan nulis kayak sekarang di kamar..

Setelah Singapore yang setahun lalu gw tulis, sebenernya gw melanjutkan perjalanan ke Malaysia. Dengan menggunakan Jetstar (ini pesawat budget ala negeri kangguru) waktu itu mendaratnya di KLIA1. Agak sebel waktu mendarat di KLIA1 pas lewat loket imigrasinya..sedikit agak lama akibat passport ijo yang dicurigai bisa jadi TKI gelap. Doh nasib tampang jawa ya, dengan jutek si ibu imigrasi nanya..

“berapa hari disini?”

“saya cuma 2 hari saja”

“Mau apa disini?ketemu pacar apa ngapain?ga kerja kan?”

“hah?kerja??ga lah dan ga ketemu pacar, cuma mau jalan2 aja” (sedikit sebel)

“Coba tunjukin tiket balek kamu?”

“Ini (sambil nunjukkin hp)” (maklum paling ga suka ngeprint tiket pesawat)

“lho kok ga balek Indonesia, lanjut ke Ho Chi Minh?”

“Iya bu, saya lanjut jalan-jalan ke sana baru balik Indonesia”

“Oh…ok” (sambil ngecap)

Ah akhirnyalah keluar juga dan sibuk cari pool bus menuju LCCT, karena temen gw naek pesawat yang beda dan kita janjian disana. Untung udah ngambil duit Ringgit di ATM bandara, untuk nuker duit receh akhirnya beli kopi di kedai kecil di deket bus mangkal..tanpa tau malu sih, harga kopi RM 3 tapi bayar pake RM 100..si penjual orang India agak bingung liat gw..tapi kayaknya dia paham gw turis..dudidam!!😀 Bayar bus dari KLIA 1 ke LCCT sekitar RM 3.5 dan itu lumayan muter-muter lewat jalan tol.

Setelah pake drama janjian yang susah nemu karena hp mati blassss..akhirnya ketemu dan kita naek bus ke KL Centre buat lanjut naek MRT ke bukit bintang tempat kita nginep..karena cuma 2 hari ini hotel lumayan murah dan lagi promo dan gw bagi 2 dengan temen gw. Nama hotelnya My Hotel (Jala Pudu No 120). Pas masuk ini hotel milik orang India dan bau hio nyengat banget. Nyampe telat dan kita langsung bersih2 dan tidur. Emang jalan2 di Malaysia itu ga berencana panjang cuma sehari aja dan kita ga rencanain kemana dari awal, akhirnya kita browsing enakan jalan2 kmana dan alhasil kita memutuskan jalan-jalan ke Malaka besok pagi sampe siang dan malemnya keliling bukit bintang dan KLCC tentunya. Cuma itu tujuannya, karena gw lebih excited ke perjalanan gw ke Vietnam dan Siam Reap.

Kuala Lumpur-Malaka ditempuh sekitar 2 jam dengan bus. Busnya juga cuma seharga RM 13 (setara sama Rp 45000) tapi ini nyaman banget dan bersih. Kita naek MRT dan KRL ke Terminal Terpadu Selatan. Kalo liat terminal busnya, bandara Husein Sastra Negara jelas kalah! Gw terkagum-kagum ngeliat terminal busnya. Sistem loket yang rapi, bersih, setiap jurusan punya gate masing-masing. Nyaman dan ga berasa di terminal dan yang pasti ga perlu was-was copet atau calo..tapi ternyata ga semu terminal di Malaysia begini, nanti gw cerita salah satu terminal di Penang. Tapi terminal terpadu ini cukup menyenangkan.

2015/02/img_1633.jpg

2015/02/img_1634.jpg

2015/02/img_1635.jpg

2015/02/img_1632.jpg
Setelah 2 jam perjalanan kita berenti di Malaka Sentral dan nyambung lagi dengan Rapid bus dengan jurusan Bangunan Merah. Nah emang tujuan kita adalah mengunjungi Bangunan Merah yang terkenal di Malaka.

2015/02/img_1636.jpg

2015/02/img_1637.jpg

Siapa yang tak pernah dengar Selat Malaka, selat yang terkenal sebagai salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia. Dari jaman penjajahan dulu sampai sekarang selat ini penting banget. Tak ayal waktu turun di Bangunan Merah itu udah ga berasa Malaysia nya. Malah jadi lebih berasa kayak di Eropahhhh, karena memang bangunan tua peninggalan Eropa yang cantik banyak berdiri di kota ini. Dan daerah Malaka ini wajib dikunjungi karena merupakan salah satu Kota Warisan Dunia yang diakui UNESCO. Selama di Malaka kita puter-puter kota sambil kepanasan, jelas panas banget pas kita nyampe pas jam 11 siang dan letak kotanya tepat dipinggir pantai, alhasil lengkap sudah panas hari itu. Tapi tetep selalu seneng jalan-jalan kmana aja. Kenapa daerah itu sebut Bangunan Merah? Karena memang di daerah ini banyak bangunan tua ala Eropa yang berwarna merah. Dan salah satu yang tersohor adalah Christ Church Malaka yang dibangun 1753. Dan jalan yang cukup terkenal disana yang dipadati oleh turis siang dan malam adalah Jonker Street. Konon Jonker Street ini rame terus mau malem atau siang. Sempet juga ngesot ke Hard Rock Cafe nya buat cari kaos.

2015/02/img_1638.jpg

2015/02/img_1641.jpg

2015/02/img_1639.jpg

2015/02/img_1643.jpg

2015/02/img_1642.jpg

2015/02/img_1645.jpg

2015/02/img_1644.jpg

2015/02/img_1646.jpg

2015/02/img_8575.jpg

2015/02/img_8684.jpg

2015/02/img_8550.jpg

Kota ini nyenengin sih, kecil tapi banyak yang bisa diliat. Untuk menghemat waktu akhirnya kita naeklah menara Tamiang Sari. Itu beneran deh keliatan selatnya dari atas..dan bagus bingits..20 menitlah muter2 diketinggian sekitar 200m kayaknya. bikin lutut agak geter…haha!!Sempet ngadem juga di Museum Kastem di sana juga. Ah ternyata dulu keris sempet diselundupin ke Malaysia, banyak barang menarik yang jadi koleksi di museum ini. Dan tentunya museum ini GRATIS, jadi lumayanlah waktu ngadem tapi tempatnya nyenegin. Secara itu Malaka teriknya minta amfun hari ituuuuu…tapi karena seneng jalan-jalan di kota tua, ya sud lupa itu panass..

2015/02/img_8588-11.jpg

2015/02/img_8594-11.jpg

2015/02/img_8593-11.jpg

Heran deh, di berbagai Negara, bangunan tua tuh dijaga banget, bahkan gw ngeliat bangunan tua disini dijadiin kantor operasional suatu bank terkenal tanpa membuatnya menjadi modern. Tapi di Indonesia banyak bangunan tua yang dihancurin dan malah dibangun jadi ruko atau mall..ngenes rasanya tiap jalan-jalan dan melihat betapa negara lain sangat menghargai bangunan-bangunan tuanya, tapi negara gw tercinta ga!!😦.

2 thoughts on “Malaka yang tersohor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s