L e b a r a n

Lebarannya udah seminggu lalu dan gw baru mulai nulis tentang lebaran. Walau udah sedikit basi tapi gw angetin lagi yah..:p

Gw memang tidak merayakan lebaran, jadi kena jatah buat jaga kandang, didaulat sebagai PIC (person in charge) karena emang ga ada orang yang stand by di kantor. Cuma ada 4 orang aja.

Cuma ingin cerita mengenai beberapa pengalaman lebaran di negeri orang, maksud saya di daerah orang.😀

Ga terasa udah mau masuk tahun ke 5 aja kerja. Rasanya kemarin masih mahasiswa yang hobinya main. Memulai kerja sebagai geologist dan tentunya dengan sistem kerja roster, membuat gw harus jauh dari keluarga. Tapi gw sangat menikmati kerja sistem roster. Kerja rodi 35 hari dengan liburan full selama 2 minggu. Bebas biaya hidup dan pastinya dapet tiket pesawat gratis kalo cuti.

2008-Gorontalo

Ini kota pertama gw habiskan untuk Lebaran. Tidak terlalu spesial karena waktu itu isi kantor cuma ada 3 orang. Akhirnya dihabiskan dengan mengunjungi rumah beberapa pegawai asli sana. Uniknya, tidak ada ketupat dan opor yang gw temui layaknya lebaran di Jawa. Hanya akan besar biasa dan kebanyakan rendang. Tapi sungguh menyenangkan bisa merasakan lebaran pertama di kota orang.

2009-Kotamobagu

Kotamobagu adalah kota yang terletak 4 jam dari Manado. Kota yang cukup menarik untuk menghabiskan waktu lebaran. Beberapa makanan khas lebaran ini adalah kue lapis dan nasi jala. Masih mirip dengan Gorontalo, sama sekali tidak ada ketupat di sini. Mereka merayakan lebaran ketupat seminggu setelah hari lebaran.

Tradisi lebaran di kota ini juga masih sama, biasanya gw dan rekan sekantor berkunjung ke rumah rekan yang berlebaran. Bisa 10 rumah dalam sehari, dimana di setiap rumah wajib makan. Kebayang tiap lebaran kekenyangan sampe ga bisa gerak.

2010-Bandung

Akhirnya tahun ini bisa lebaran di Bandung. Kenapa? kebetulan waktu itu memutuskan kerja di Jakarta. Akhirnya bisa mengunjungi rumah mbah yang memang merayakan lebaran. Bisa merasakan kembali enaknya ketupat dengan opor ayam dan sambel goreng kentang. Dan yang paling khas adalah lemper super enak buat mbah gw.

2011-Banyuwangi

Setelah mencoba kerja di Jakarta dan gw merasa tidak cocok hidup di kota besar. Kembalilah gw ke lapangan, kali ini kerja di Banyuwangi dan di hutan. Waktu lebaran sepi banget dan akhirnya memutuskan turun gunung hanya untuk sekedar bergembira bersama kawan-kawan di Pulau Merah. Di sana ada sedikit perayaan bakar kambing guling dari perusahaan kontraktor drilling, jadi gw ikut nimbrung aja. Selain itu juga, mengunjungi beberapa team eksplorasi yang rumahnya dekat dengan site.

2012-Palu

Nah, akhirnya di Palu. Sejujurnya, lebaran di kota ini ga terlalu berasa lebaran. Suasana sepi banget, bahkan ketika malah takbiran. Cuma ada suara petasan aja. Tahun ini kembali mengunjungi rumah rekan kantor, untuk mengucapkan selamat dan turun berbahagia. Tak lupa mencicipi makanan yang disediakan. Dan masih sama tak kutemukan ketupat di sini. Lebih pada semacam lontong pipih yang mereka sebut buras dan (lagi)(lagi) rendang.

Sekian cerita lebaran kali ini..Tahun depan kira-kira dimana yah?

Buat teman-teman semua walau terlambat Happy Eid Mubarak yah..Maaf Lahir Bathin..GBU..🙂

 

7 thoughts on “L e b a r a n

Leave a Reply

