C a n t i K i t u . . .

Cantik itu indah, enak dipandang, elok dan berbagai makna baik yang dapat digambarkan. Termasuk jujur dalam kamus dapat dimasukkan ke dalam makna si kata cantik itu.

Dalam kehidupan ini kata cantik identik dengan kaum gw, yaitu wanita. Berbagai cara dilakukan oleh wanita agar terlihat cantik, bahkan berbagai produk diciptakan agar wanita terlihat cantik. Selain itu klinik-klinik pusat kecantikan kini begitu menjamur di seluruh dunia dengan menawarkan paket cantik instan yang begitu menggiurkan dengan harga yang begitu beragam.

Sebelum membahas cantik itu..gw ceritain sejarahnya knapa hari ini gw ingin membahas tentang si cantik ini.

Terperangah (lagi) dengan sebuah message di linkedin gw pagi ini. Waktu bangun gw liat ada sebuah notifikasi message di account linkedin gw. Langsung gw buka aja..subject nya Terima Kasih..oh pasti dari request connection yang baru gw accept..eh bukan ini intinya..intinya adalah isi dari si message..isinya adalah semacam di foto ini..

20120628-154023.jpg

Begitu baca ngakak aja..beberapa kali terima message macam ini dan gw tau mereka tertipu mungkin dengan foto yang gw pasang. Kayak yang kalian tau bahwa jangan tertipu dengan foto di sebuah account bukan?😀

Tapi ini nih yang mau gw bahas, betapa cantik itu relatifnya! Sampe ada istilah “Cantik itu relatif tapi jelek mutlak” (wakakaka!)

Bukan berarti gw cantik tapi alhamdullilah kalo ada yang bilang gitu gw cantik..(narsis!kalo bukan gw yang ngakuin siapa lagi coba)😀

Yang bikin lucu adalah bagian kata2 prettiest scientist..kenapa? Tentu aja lucu..scientist yang identik dengan keilmuan apakah selalu jelek? Ga juga kan? Banyak dokter atau ilmuwan yang cantik-cantik. Dan buat gw kecantikan otak dan perilaku itu yang paling utama.

Eittsss kembali ke topik..

C a n t i k itu relatif dan gw setuju dengan pernyataan ini.. Buktinya kalo kita baca tentang istilah cantik di seluruh dunia ini, tentu standard setiap negara beda-beda. Tapi belakangan ini kata cantik selalu identik dengan putih, langsing dan memiliki rambut indah! (iyakan?) karena icon berbagai macam produk kecantikan selalu seperti itu.

Tapi gimana dengan wanita afrika yang ga putih? Tentu bukan berarti ga cantik bukan? Segala sesuatu itu punya standar.

Contohnya yah, di Korea dan Jepang, makna cantik itu kulit putih bersih dan kelopak mata yang bagus. Tak ayal produk pemutih kulit dan operasi plastik begitu lakunya di sana. Bahkan yang mencengangkan adalah operasi plastik kerap menjadi hadiah yang diberikan oleh orang tua kepada anak2nya saat ulang tahun atau memiliki sebuah prestasi. Ironis sebenarnya tapi itu kenyataannya.

Lalu di India, kata cantik itu identik dengan kulit coklat, badan sedikit berisi (lebih tepatnya mungkin semok yah..hehe) dan rambut hitam lurus dan panjang. Setidaknya itulah yang tergambar dari beberapa bintang india terkenal. Dan mungkin itu yang menjadi salah satu alasan terciptanya alat pelurus rambut hingga teknik smoothing atau rebonding.🙂

Lain lagi dengan di Brazil, cantik itu selalu identik dengan langsing. Sampai-sampai menobatkan Brazil sebagai salah satu negara dengan konsumsi pil diet tertinggi. Selain itu operasi plastik menjadi sesuatu yang laku keras disana bahkan bisa dicicil. Terakhir seorang dokter operasi plastik yang menampilkan foto Kim Kardashian sebagai icon keberhasilan operasi plastiknya di plang iklannya tanpa ijin dituntut ratusan juta dollar.

Istilah cantik yang sama dengan langsing ini pun berkembang di Perancis, dimana ibukota Paris sangat terkenal dengan kota mode dan wanita-wanita berkaki jenjang. Setiap wanita di Perancis jarang sekali yang gemuk, cara makan dengam garpu dan porsi yang sedikit menjadi salah satu cara mereka untuk menjaga bobot tubuh. Hingga istilah FRENCH DIET sangat terkenal di dunia.

Bagaimana dengan di Timur Tengah, konon di Iran wanita dengan hidung lancip dan kecil adalah lambang wanita cantik dan karena tidak seluruhnya wanita di sana berhidung mancung dan kecil membuat operasi plastik (lagi..lagi) cara yang ditempuh oleh mereka.

Itu mungkin sebagian besar gambaran cantik di bagian dunia lain, sedangkan konteks cantik yang berbeda ditemukan di Mesir dan Mauritania. Semakin berisi seorang wanita maka semakin cantik wanita di sana. Hal ini menyebabkan sejak kecil anak2 kecil perempuan dipaksa makan makanan berlemak di Mauritania sedangkan di Mesir seorang wanita yang sudah menikah jika tidak gemuk akan membuat malu suaminya karena si suami bisa dinilai tidak bisa membuat si istri bahagia dan selalu terlihat cantik.

Dan di sebagian daerah di Afrika, wanita Afrika yang memiliki bibir tebal serta gigi yang putih adalah icon wanita cantik di daratan tersebut.

Terus bagaimana dengan Indonesia sendiri?

Belakangan ini tema cewe oriental jadi icon cantik yang beredar. Kalo gak kayak gitu berarti ga cantik? Wah gw ga masuk cantik pastinya..hahaha!

Itulah batasan2 istilah cantik secara general, buat gw sendiri istilah cantik bukan hanya diliat dari fisik semata, tapi lebih kecantikan didalam diri wanita itu, otak yang pintar dan hati yang baik tentu jadi nilai yang ga bisa di dapet dati operasi plastik sedangkan kecantikan fisik itu bisa loe buat sendiri. Asal bersih dan rapi seseorang akan terlihat cantik. Wanita yang pintar dan tau bagaimana mengembangkan diri dalam berbagai macam hal positif tentunya punya nilai tersendiri. Oleh karena itu muncul istilah 3B, Beauty Brain and Behaviour..tapi seharusnya Brain and Behaviour ada ditingkat terdepan dari kata Beauty nya. Jadi benerkan kalo cantik itu relatif?

Sedikit aja yang pengen gw ceritain..lalu bagaimana cantik menurut anda?ayo sharing..


“Beauty is only temporary, but your mind lasts you a lifetime.” ~ Alicia Machado

Leave a Reply

