P i z z A

20120623-164513.jpg

Pizza.. siapa sih yang ga tau makanan berbentuk bulat dengan taburan daging, sayuran dan bahkan nanas ini?

Di Indonesia mungkin beberapa franchise terkenal dengan makanan ini. Fenomena yang unik terjadi di Kota Palu dimana gw kerja sekarang. Sekitar 1 bulan lalu, awal gw bergabung juga dengan perusahaan baru gw ini, berdirilah Pizza Hut di kota ini. Begitu besar antusias penduduk Kota Palu ini. Haampir setiap malam, bahkan hingga sekarang, restorannya selalu dipadati oleh masyarakat yang ingin mencicipi si roti bundar ini. Apa yang menjadi uniknya?

Konon di kota ini beredar sebuah istilah yang menggelitik, bukan istilah tapi lebih kepada slogan..

“Kalo loe belum ke Pizza Hut, loe bukan anak orang kaya”

Sejujurnya saya terpingkal-pingkal mendengarkan slogan ini. Sebegitunya seseorang dipandang mengenai keberadaannya di Kota ini. Oke, mungkin tipikal masyarakat setiap kota berbeda dan ini mungkin ciri khas Palu.

Tapi dari slogan itu akhirnya saya mencoba mencari tahu bagaimana awalnya pizza dibuat. Ironisnya dari slogan di atas, konon pizza yang dikenal oleh masyarakat kuno merupakan makanan kaum miskin yang dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, minyak, garam dan ragi.

Pizza dengan taburan daging, sayuran dan buah-buahan ternyata baru berkembang di sekitas tahun 1600-an. Tetapi diawal perkembangannya itu Pizza belum dilumuri oleh saus tomat. Pizza yang dilumuri oleh saus tomat baru berkembang di sekitar tahu 1800-an yang diperkenalkan seorang imigran Italia yang berasal dari Napoli yang pindah ke New York.

Dan pada tahun tersebut juga seorang pembuat pizza yang bernama Raffaele Esposito dan istrinya membuat sebuah pizza untuk dipersembahkan pada Ratu Margherita Savoia, Istri dariKaisar Italia yang bernama Umberto I. Dan isi dari toppingnya merupakan permintaan khusus sang raja, dimana Kaisar meminta sebuah Pizza yang melambangkan bendera Italia, merah, putih dan hijau. Dan akhirnya : warna Merah yaitu saus tomat, putih yaitu mozzarela dan hijau yaitu daun basil. Dikarenakan Sang Ratu begitu suka dengan cita rasa pizza sederhana ini maka pizza itu dinamakan Pizza Margherita, sesuai dengan nama Sang Ratu.

Semakin lama perkembangan topping pizza semakin beragam. Mungkin itu kenapa pada akhirnya anggapan bahwa pizza merupakan makanan orang kaya berasal dari awal Pizza Margherita tersebut.

gw juga hobi banget makan pizza, salah satu menu yang gw suka adalah American Favorite. Tapi bukan berarti gw orang kaya..hahaha..tetap lucu bila mendengar slogan Kota Palu tersebut.🙂

Oke cukuplah ceritanya..sekarang masih ada yang mau traktir gw buat makan pizza..🙂

Have a nice weekend! Will you enjoy your weekend with pizza?😀
“Any time you have large numbers of people together ? and the TV on ? pizza works because it’s so easy to share.” ~ Jeremy White
 
source : wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s