B a t i K

20120625-144916.jpg

Batik adalah salah satu kekayaan Indonesia dalam hal busana atau pakaian. Sempat batik di klaim sebagai kekayaan budaya Malaysia, tapi pada Oktober 2009 akhirnya UNESCO mengeluarkan pernyataan bahwa Batik merupakan asli milik Indonesia. Untuk tetap melestarikannya akhirnya pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan batik setiap hari Jumat untuk semua pegawai yang bekerja di kantor terutama.

Batik setiap daerah cenderung memiliki motif yang berbeda-beda, bukan tanpa makna, malah corak atau motif batik bisa bercerita banyak mengenai filosofi suatu daerah. Ada 2 jenis batik di Indonesia saat ini, batik tulis dan batik cetak. Nilai batik tulis akan jauh lebih tinggi dibanding batik cetak. Karena dalam proses pengerjaan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama dan ketelitian yang lebih detil, serta nilai seni saat menulis batik tersebut. Batik sangat menunjukkan nilai luhur bangsa kita. Menurut beberapa sumber di Indonesia ada 17 daerah penghasil batik dan 12 corak batik yang terdata. Batik berdasarkan daerah asal terdiri dari :

Batik Bali
Batik Banyumas
Batik Madura
Batik Malang
Batik Pekalongan
Batik Solo
Batik Tasik
Batik Aceh
Batik Cirebon
Batik Jombang
Batik Banten
Batik Tulungagung
Batik Kediri
Batik Kudus
Batik Jepara / Batik Kartini
Batik Brebes
Batik Minangkabau

Sedangkan batik berdasarkan corak terdiri dari :

Batik Kraton
Batik Sudagaran
Batik Cuwiri
Batik Petani
Batik Tambal
Batik Sida Mukti
Batik Sekar Jagad
Batik Pringgondani
Batik Kawung
Batik Sida Luhur
Batik Sida Asih
Batik Semen Rama

Begitu menarik batik ini, motif dan segala sesuatunya, salah satu budaya yang tak akan hilang sampai kapanpun dan memang seharusnya kita jaga. Karena sejujurnya batik adalah suatu peninggalan nenek moyang yang sangat berharga. Betapa bangganya ketika saya bisa menggunakan batik.

Hari ini Hari Jumat dan sama seperti kantor lainnya, kantor gw juga mewajibkan penggunaan batik. Dan hari ini gw dan sang pacar pake warna batik yang sama yaitu hijau.🙂

Suka banget liat si pacar pake batik, keliatan rapi dan Indonesia sekaliii..dan pilihan batik gw ukurannya pas buat dia.

Akhirnya gw paksa dia buat foto juga..walau dengan sedikit pemaksaan.haha!

20120622-104439.jpg

“Love is like a B A T I K created from many emotional colors, it is a fabric whose pattern and brightness may vary” ~ Diane Ackerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s