I n l a n d e r VS K u m p e n i

obrolan yang singkat tapi dalem buat gw sore ini,,

berawal dari percakapan tentang seorang bule yang menjadi salah satu pemimpin lah di perusahaan gw,,teruz,,

Pak Iqar ngomong,,”kamu liat deh betapa bule-bule itu dibuat seperti raja sama bangsa ini,,selalu di service yang terbaik dalam segala hal,,kalo orang Indonesia makan pake piring plastik,bule2 itu dikasih piring beling yang bagus,,masalah makanan juga mereka pasti dapet yang terbaik,,dalam segala hal” (gw masih mikir dengerinnya,,)

Dan tanpa sadar,,gw sangat setuju dengan pernyataan itu,,sangat-sangat setuju,,karena emang kenyataannya kayak gitu banjet kan??(yang setuju ngacung,,ayo jangan malu!!!)

Loe pernah sadar ga sih,,betapa bule itu dihormati oleh Bangsa Indonesia,,dalam segala hal kalo Orang Indonesia ketemu sama bule,,pasti tuh orang manggut-manggut aja,,

percaya sama kata2 tuh bule,,truz nurut aja,,

Jadi inget suatu kejadian waktu ada training di perusahaan gw,,bule terkenal doktor deh dibidang geologi khususnya mineral,,(iyah gw teh geologist-wati,,ga penting yee!!hehehe,,)

semua orang dengerin dia dengan seksama termasuk gw (kalo gw sih emang berusaha ngerti tuh bule ngomong apa,,soalnya bahasa inggris gw byar pet byar pet,,hihihi),,semua nyatet apa yang tuh bule omongin,,iyah2 aja pertanda menyetujui pernyataan tuh bule,, (kepala manggut2 pas dengerin tuh bule),,

ga ada yang berani yang protes deh apapun yang bule omongin,,semua teori dari si bule ditelen mentah2 (kanibal versi intelek,,nelen mentah teori euy!!hehe,,maaf jayus!!)

semuanya ilmu dari si bule masuk nancep diotak,,(dikit sih kalo gw,,secara susah pisan ngikutin tu bule ngomong dengan cepatnya,,)

tapi suatu saat gw ngobrol sama seseorang sesepuh dunia persilatan,,upppzzz bukan persilatan ding tapi dunia geologi juga deh tapi ini mah bukan bule,,yang namanya mirip sama binatang jaman prasejarah dulu,,(iyah pasti ada yang tau deh siapa!!! u know who!!!)

gw bilang,,

“eh tau ga mas,,menurut si “GM” (bule itu yang gw cerita diatas),,sistem ini ciri2nya gini dengan bla bla bla” (omongan gw yang sok intelek abis,,jijay kan bacanya,,SAMA!!!!!),,

truz dibales sama di sesepuh,,dia bilang gini

“coba deh kamu pikirin lan, pasti bener ga sih yang bule itu omongin??karena menurut saya bla bla bla,,,”(pake acara jelasin panjang karena emang tuh orang jago banget dibidang ini!!)

dan gw balez lagi dengan ngomong gini

“tapi yang ngomong itu si “GM” lho,,masa ga percaya sih,,??” (bego juga gw disini!!!ngomong begitu!!!keliatan masih jiwa inlander)

akhirnys si sesepuh balez,,

“Wulan, knapa sih harus percaya banget kalo BULE dengan predikat doktor yang ngomong,,coba kamu bayangin dengan kepintaran yang sama dengan tuh bule, sama2 doktor dari universitas yang bagus, setaraf deh, tapi dia orang Indonesia,masih percaya ga sih kamu dengan yang dia (doktor tapi orang Indonesia) omongin,,??”

begitu gw ngedenger tuh pertanyaan terakhir,,gw langsung mikir,,”iyah juga yah kalo orang Indo yang ngomong walo pinter mampus, ga dengan gampangnya orang bakal percaya,,pasti masih pake cerita ngeyakinin diri trus buktiin iyah ato ga” (yang setuju lagi,,angkat tangannya ga usah terlalu atas deh,,huhuhu)

Di situ,,gw bener2 sadar,,GILA jiwa gw masih inlander banget,,masih otak jajahan banget,,masih lebih percaya sama apa yang diomongin bule2 aja,,gw selalu anggap bule2 itu pinter mampus,,padahal kalo loe sadarin, selama ini kalo ada bule ngomong tuh walo salah kalo bukan sesama bule yang protes,,orang Indonesia mana berani,,

iyah banget ampir dimana2 bule2 itu dapet perlakuan khusus dengan fasilitas terbaik di bangsa gw ini,,pengen banget bisa keluar dari pemikiran itu,,dan EMANG HARUS,,KUDU,,MUSTI,,

satu hal yang gw inget tadi,,Pak Iqar bilang “bule2 itu juga padahal sama kok sama kita, sama2 punya otak,,kita juga bisa lebih baik dari mereka,,dan dapet perlakuan yang sama,,”

bener2 tambah ngebuat gw sadar,,ini tuh waktunya buat kita BANGSA INDONESIA,,walaupun dijajah 3,5 abad,,dibego2in banget jaman dulu,,tapi sekarang kita itu bangsa yang MERDEKA,,jangan mau lagi deh “dijajah” dalam hal2 yang seharusnya kita bisa sama dengan mereka,,

Lebih menghargai segala sesuatu yang loe punya dari bangsa ini,,(wedew,,sok nasionalis banget gw,,najong tingkat tinggi!!!!)

AYO DEH SAINGIN TUH BANGSA2 LUAR,,jangan mau kalah yah!!!!

buang jauh2 deh jiwa2 inlander,,,

hanya tulisan ga penting yang pengen gw bagi aja,,hehehehe,,PISS y,,=p

btw gw lagi knapa yah??kok nulis nya serius pisan,,(sok serius maksudnya!!!)

aduh,,maaf yah,,tulisan yang aneh,,hihihihi,,


Leave a Reply

